News

Sadis! Gegara Nonton Drakor, Korea Utara Eksekusi 3 Siswa SMA

Korea Utara memilki aturan ketat yang mesti dipatahui oleh warganya, salah satunya dilarang mengikuti budaya Korea Selatan.

Featured-Image
Pemimpin Tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea atau Korea Utara, Kim Jong-un. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Korea Utara memilki aturan ketat yang mesti dipatahui oleh warganya, salah satunya dilarang mengikuti budaya Korea Selatan khususnya berkaitan dengan bidang hiburan seperti musik, K-pop atau Drama Korea (Drakor).

Baru-baru ini dikabarkan media Korea Selatan, tiga orang siswa dieksekusi mati lantaran kedapatan menonton dan mengimpor Drakor di awal Oktober 2022.

Selain drakor, para siswa tersebut juga ketahuan menonton acara TV Amerika Serikat. Mereka ketahuan berusahan menyebarkan video-video tersebut kepada teman-temannya.

Aturan ini sebelumnya telah diimplementasikan oleh Korea Utara baru pada Desember 2022 mengenai dilarangnya para warga mengimpor atau menyebarkan materi audiovisual yang berasal dari Korea Selatan.

Karena luasnya rentang usia target penonton drama Korea, aturan Korea Utara pun berlaku bagi mereka yang masih di usia minor. Sebelum kasus ini disebut menahan hukuman bagi mereka yang masih di bawah umur.

Namun, konten budaya Korea Selatan terus menyebar dengan mudah di kalangan Korea Utara. Sehingga, pemerintah pun memberikan tindakan tegas, bahkan bagi mereka yang masih di bawah umur.

Diberitakan oleh NYPost, pada 2020, beredar sebuah video yang menampilkan penangkapan warga Korea Utara karena berbicara dan menulis mengenai Korea Selatan. Warga itu bahkan sampai diinterogasi karena hal tersebut.

"Menurut suara orang di video itu, 70 persen penduduk di seluruh negeri (Korut) menonton film dan drama Korea (drakor)," kata seorang penduduk di Provinsi Hamgyong Utara kepada RFA.

"Pihak berwenang akan memanfaatkan berbagai teknik, termasuk hukuman hukum yang lebih berat, bersama dengan proyek-proyek pendidikan ideologis, untuk mencegah penyusupan lebih lanjut dari budaya Korea Selatan," tandasnya.

Dari sumber media, lebih dari 96 persen responden Korea Utara mengaku mengonsumi konten-konten audiovisual Korea Selatan secara diam-diam. Mereka menonton sejumlah drama Korea populer seperti Crash Landing on You hingga yang paling populer adalah Squid Game.

Editor


Komentar
Banner
Banner