Pemko Banjarbaru

Saat Istri Wali Kota Banjarbaru Bagi Kiat Sukses di Hari Batik Nasional

apahabar.com, BANJARBARU – Ketua PKK Kota Banjarbaru Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin menghadiri acara pelatihan…

Featured-Image
Ketua PKK Kota Banjarbaru Vivi Mar’i Zubedi. Foto: Ist

bakabar.com, BANJARBARU – Ketua PKK Kota Banjarbaru Vivi Mar'i Zubedi Aditya Mufti Ariffin menghadiri acara pelatihan menyirang bersama DPD IWAPI Prov Kalsel di Halaman Cafe Setara, Banjarbaru.

Tak sendiri, sang istri wali kota Banjarbaru didampingi Ketua GOW Kota Banjarbaru Ermina Fujianti Wartono. Juga tampak hadir Asisisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Kota Banjarbaru Puspa Kencana, Ketua DPD IWAPI Kalsel Shinta Laksmi Dewi, hingga perwakilan Dinas Koprasi Provinsi Kalsel dan Dinas Koprasi Kota Banjarbaru.

Vivi menyampaikan bahwa acara pembukaan pelatihan menyirang itu dalam rangka memaknai hari batik nasional.

Sekaligus juga sebagai salah satu upaya pengembangan sektor UMKM Banjarbaru, untuk memacu semangat berkarya dan berkreasi menciptakan produk yang bernilai seni sekaligus bernilai jual tinggi.

“Tentu semua patut menyambut baik dan memberikan apresiasi positif dengan diadakannya pelatihan menyirang pada hari ini, karena kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki umkm kita serta untuk perkembangan produk unggulan daerah kita ini ke depan,” ujarnya.

Kain sasirangan, menurutnya adalah kain khas daerah Banjarbaru yang perlu dilestarikan.

“Dan harus kita budayakan di tengah masyarakat kita sebagai identitas budaya daerah dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi,” lanjutnya.

Seiring dengan perkembangan tren fashion, katanya, sah-sah saja jika mengreasikan kain sasirangan dalam berbagai model desain sehingga tampil modern namun tetap bercita rasa lokal.

Melalui pelatihan ini, diharapkannya pengalaman dan pemahaman pelaku UMKM akan bertambah, dan para perajin sasirangan dapat meningkatkan kualitas produksi dalam rangka menumbuhkembangkan khasanah budaya lokal sehingga selain dapat menambah kekayaan dan keragaman kebudayaan Indonesia, juga dapat ikut memberdayakan perekonomian masyarakat.

Vivi memberikan arahan serta motivasinya kepada kaum millenial agar dapat terus berkarya, dan bisa menciptakan ide-ide sesuai dengan tren yang kekinian.

“Jangan mudah patah semangat untuk terus maju,” katanya

Komentar
Banner
Banner