Hot Borneo

Rumah Ambles di Gambut Terulang Lagi, DPKP Banjar Turun Tangan

Lagi, Rumah Amblas di Jalan Pematang Panjang, Kompleks Griya Pematang Indah, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalsel. DPKP: Tidak Perpenghuni

Featured-Image
Rumah amblas di Jalan Pematang Panjang Kilometer 4 Kompleks Griya Pematang Indah Kelurahan Gambut, Kabupaten Banar, Senin (5/6). foto-DPKP Banjar.

bakabar.com, MARTAPURA - Satu rumah di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalsel, ambles. Peristiwa serupa bukan pertama kalinya terjadi.

Kali ini terjadi di Jalan Pematang Panjang Kilometer 4 Kompleks Griya Pematang Indah Blok J No 34 RT 03 Kelurahan Gambut, Senin (5/6) sekitar pukul 10.30 Wita.

Video detik - detik amblesnya rumah tipe 36 ini tersebar di media sosial. Tampak rumah ambles pada pondasi rumah bagian belakang.

Sementara konstruksi pondasi rumah jenis panggung berhaban kayu ulin. Sedangkan bawah rumah merupakan rawa berair.

Pihak Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banjar, memastikan tidak ada korban jiwa.

Pasalnya, rumah yang diketahui milik Fauzi Rahman tersebut sedang kososng. Dari informasi warga sekitar, pemilik tinggal di Sungai Lulut.

"Ambles pada bagian belakang rumah dengan kemiringan sekitar 30 derajat, menyebabkan pada bagian muka rumah terangkat," ujar Kasi Damkar Penyelamatan dan Evakuasi DPKP Banjar, Gusti Yudhi.

Ia melanjutkan, saat menerima laporan, petugas DPKP sektor Gambut langsung ke lokasi melakukan pengecekan bersama pihak kepolisian.

"Petugas juga mencek aliran listrik yang ternyata masih aktif, dan mengkoordinasikan kepada pihak PLN untuk melakukan pemotongan sementara ditakutkan membahayakan warga sekitar," papar Yudhi.

Pada tahun 2022 lalu, tercatat dua peristiwa rumah ambles di Kecamatan Gambut. Kontur tanah basah dan pondasi yang tidak mempuni ditenggarai menjadi penyebab amblasnya rumah.

Baca juga: Trauma Alfarmart Ambruk, Rumah Warga di Gambut Banjar Mendadak Miring

Baca juga: Lagi, Rumah Nyaris Ambruk di Gambut Kilometer 14 Banjar



Editor


Komentar
Banner
Banner