Pemkab Tabalong

RKPD Tahun 2024 di Tabalong, Kecamatan Tanjung Sampaikan 142 Usulan

Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Bappeda Litbang kembali menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD)

Featured-Image
Camat Tanjung, Arianto, saat menyampaikan usulan pembangunan di wilayahnya pada Musrenbang untuk RKPD tahun 2024. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG - Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Bappeda Litbang kembali menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2024.

Kali ini, Musrenbang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Tanjung, Selasa (7/2) bertempat di kantor kecamatan se tempat.

Pada kesempatan tersebut, Camat Tanjung, Arianto, menyampaikan 142 usulan pembangunan di seluruh desa di wilayahnya.

Usulan Infrastruktur sebanyak 84 Usulan yang di dalamnya ditujukan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sebanyak 69 usulan.

"Usulan ke Dinas PUPR di antaranya pemeliharaan dan peningkatan jalan-jalan kabupaten yang menghubungkan ke pusat-pusat kegiatan ekonomi masyarakat," kata Camat Tanjung, Arianto.

Sementara itu, untuk bidang ekonomi 15 usulan, berupa pembangunan dan penyediaan sarana prasarana tanaman pangan, hortikultura, perikanan, perkebunan, dan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Sedangkan bidang pelayanan publik ada 43 usulan, yaitu peningkatan kapasitas SDM pelayanan kesehatan, penyediaan sarana prasarana pelayanan kesehatan, penyediaan sarana prasarana pendidikan PAUD, SD dan SMP," beber Arianto.

Arianto bilang dari 142 usulan yang pihaknya sampaikan, ada 2 yang merupakan skala prioritas.

Pertama pengembangan agrowisata dan sarana prasarana pendukungnya dan pengembangan UMKM dan sarana prasarana pendukung.

"Itu sebagai upaya peningkatan pendapatan perkapita  untuk meningkatkan IPM Kabupaten Tabalong," tutup Arianto.

Musrenbang di Kecamatan Tanjung ini dibuka Sekda Tabalong Hj Hamida Munawarah dengan dihadiri Kepala Bappeda Litbang, sejumlah Kepala SKPD, para kepala desa dan undangan lainnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner