Hot Borneo

Ribuan WBP Lapas Banjarbaru Dapat Remisi Khusus Idulfitri, 7 Orang Langsung Bebas

Lapas Kelas IIB Banjarbaru memberikan remisi khusus Idulfitri kepada 1.309 warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang beragama Islam.

Featured-Image
Pemberian remisi yang dilakukan secara simbolis di Lapas Kelas IIB Banjarbaru. Foto-Lapas Banjarbaru

bakabar.com, BANJARBARU - Lapas Kelas IIB Banjarbaru memberikan remisi khusus Idulfitri kepada 1.309 warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang beragama Islam.

Dari 1.309 warga binaan itu, tujuh orang di antaranya langsung bebas. Adapun total warga binaan di Lapas Banjarbaru berjumlah 1.834.

Kalapas Kelas IIB Banjarbaru, Amico Balalembang, menjelaskan dari 1.309 warga binaan, 1.298 orang di antaranya menerima remisi khusus (RK) I yaitu masih harus menjalani sisa pidana setelah menerima pengurangan masa pidana sebagian.

"Sedangkan 11 lainnya menerima RK II dengan rincian 7 orang langsung bebas dan 4 orang menjalani subsider atau denda," katanya, Minggu (23/4).

Baca Juga: Disapu Angin Kencang, Puluhan Rumah di Kaladan Tapin Hancur Dihantam Tongkang

Pemberian RK Idulfitri 1444 H ini, kata dia, merefleksikan hari raya sebagai kemenangan atas perjuangan melawan hawa nafsu dengan harapan dapat serius bertaubat serta memperbaiki diri.

"Semuanya telah memenuhi syarat substantif dan administratif sesuai dengan regulasi yang berlaku," terang Amico.

Pemberian remisi ini, lanjut dia, merupakan penghargaan kepada narapidana yang selalu berusaha berbuat baik, memperbaiki diri, dan menjadi masyarakat yang berguna.

Baca Juga: Remisi Idulfitri 1444 Hijriah, Seorang WBP Rutan Marabahan Langsung Bebas

Dia berharap remisi khusus yang diberikan dapat memotivasi warga binaan untuk terus memperbaiki diri dan menghindari perbuatan yang melanggar hukum.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Faisol Ali, menyerahkan remisi kepada WBP di Lapas Kelas IIA Banjarmasin secara simbolis. 

Pemberian remisi ini juga diikuti oleh seluruh lapas, rutan dan LPKA se-Kalimantan Selatan yang tersambung secara virtual.

Editor


Komentar
Banner
Banner