Hari Raya Waisak

Ribuan Umat Buddha Bakal Hadiri Dharmasanti Waisak di Bodobudur

Ribuan perwakilan umat Buddha di Indonesia dipastikan akan menghadiri Dharmasanti Waisak Nasional 2023 di pelataran Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Te

Featured-Image
Kunjungan wisatawan di Candi Borobudur. (Foto: Okezone.com)

bakabar.com, JAKARTA - Ribuan perwakilan umat Buddha di Indonesia dipastikan akan menghadiri Dharmasanti Waisak Nasional 2023 di pelataran Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ketua Umum DPP Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Hartati Murdaya menerangkan perayaan puncak Waisak Nasional 2567 BE/2023 di Candi Borobudur akan ditutup dengan Dharmasanti Festival Lampion Trisuci Waisak Nasioanal di Taman Lumbini.

Adapun gelaran Dharmasanti Waisak akan digelar pada Minggu (4/6) pukul 19.30 WIB hingga selesai. Adapun tema Waisak pada tahun ini adalah "Aktualisasi Ajaran Buddha Dharma dalam Kehidupan Sehari-hari".

Baca Juga: Mengenal Tradisi Pindapata Menjelang Waisak

"Saya mengucapkan terima kasih kepada ribuan rumah Buddha dari seluruh penjuru dunia khususnya para biksu Thudong yang telah melakukan perjalanan panjang dari Thailand - Malaysia - Singapura - Indonesia," katanya seperti dilansir Antara, Kamis (1/6).

Para biksu Thudong, kata Hartati, sengaja datang dan berkumpul di Candi Borobudur untuk merenungkan kembali ajaran Sang Buddha agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sejumlah pejabat yang sudah mengonfirmasi kehadiran pada puncak Waisak di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta tamu undangan lainnya.

Baca Juga: BREAKING! 32 Biksu Thudong Memasuki Kawasan Borobudur

Gelaran Dharmasanti Festival Lampion Trisuci Waisak Nasional 2023 dapat diikuti oleh seluruh umat Buddha dengan melakukan konfirmasi kehadiran kepada Syarifarudin Afa (0816243579), Romo Asun (087883805976), dan Andrean Mulyadi (085777728827).

Tak hanya digelar secara langsung di Borobudur, acara Waisak juga dapat disaksikan secara livestreaming di YouTube DPP Walubi.

Editor


Komentar
Banner
Banner