Jelang Waisak

Mengenal Tradisi Pindapata Menjelang Waisak

Ribuan masyarakat Kota Magelang memenuhi Klenteng Liong Hok Bio untuk menyaksikan prosesi prosesi Pindapata yang dilakukan para biksu atau bante dari Thailand d

Featured-Image
Biksu Thudong Pindapata di Magelang (Apahabar.com/Arimbihp)

bakabar.com, MAGELANG - Ribuan masyarakat Kota Magelang memenuhi Klenteng Liong Hok Bio untuk menyaksikan prosesi prosesi Pindapata yang dilakukan para biksu atau bante dari Thailand dan Indonesia.

Seorang bante asal Indonesia yang juga melakukan pindapata, Darmayuda (37) mengatakan, Pindapata adalah tradisi memberikan sedekah dari masyarakat kepada para biksu.

"Tradisi pindapata sudah dilakukan umat Buddha sejak ribuan taun yang lalu, dan juga dilakukan oleh para kaum Brahmana di India," kata Darmayuda saat dihubungi bakabar.com, Rabu (31/5).

Baca Juga: BREAKING! 32 Biksu Thudong Memasuki Kawasan Borobudur

Darmayuda menuturkan, pindapata dilakukan para umat Buddha di Magelang setiap tahunnya, biasanya digelar saat menjelang Hari Raya Waisak.

"Namun tahun ini terlihat lebih ramai dan semarak karena Kota Magelang kedatangan tamu, yakni para biksu Thudong dari Thailand," ujarnya.

Para biksu yang berjalan saat pindapata (Apahabar.com/Arimbihp)
Para biksu yang berjalan saat pindapata (Apahabar.com/Arimbihp)

Selain untuk menyambut hari besar agama Buddha, pindapata mereka meyakini dapat menambah kebajikan baik untuk pemberi sedekah dan para biksu yang menerimanya.

Pindapata 2023 yang digelar dengan rute Jalan Pemuda-Pasar Rejowinangun dan kembali ke Klenteng Liong Hok Bio tersebut diikuti 50 biksu.

Baca Juga: Ganjar Apresiasi Sikap Toleransi Warga Selama Perjalanan Biksu Thudong ke Indonesia

Lebih lanjut, Darmayuda menuturkan prosesi pindapata dimulai dengan persembahyangan para biksu ddi Kelenteng Liong Hok Bio Kota Magelang bersama-sama dengan umat Tridharma daerah setempat.

"Para biksu kemudian berjalan dengan membawa Patta atau mangkuk sebagai wadah dana dari umat," tuturnya.

Uniknya, jika di Indonesia, tradisi tersebut hanya dilakukan pada hari-hari tertentu termasuk Waisak, sedangkan di Thailand, pindapata dilaksanakan setiap hari.

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner