Hot Borneo

Ribuan Hewan Ternak di Tapin Disuntik Vaksin PMK

apahabar.com, RANTAU – Dinas Pertanian Kabupaten Tapin sudah merealisasikan pemberian vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK),…

Featured-Image
Ilustrasi – Suntik vaksin PMK pada hewan ternak. Foto: Istimewa

bakabar.com, RANTAU – Dinas Pertanian Kabupaten Tapin sudah merealisasikan pemberian vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), untuk ribuan hewan ternak.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian Tapin, Wagimin saat mengikuti rakor bersama Bupati di Aula Tamasa.

“Sudah 2.300 ternak baik sapi maupun kambing yang sudah divaksin PMK,” ungkapnya, Selasa (9/8/).

Adapun rincian pemberian vaksin dari 2.300 ekor sapi dan kambing di Tapin, yaitu 600 ekor di Kecamatan Salam Babaris, 800 ekor di Hatungun, Lokpaikat 100 ekor, Binuang 200 ekor, Tapin Selatan 300 ekor dan Tapin Tengah 300 ekor.

Wagimin mengatakan pihaknya akan terus gencar melakukan vaksinasi tersebut untuk menghindari virus PMK.

“Tim vaksin PMK terus bergerak ke kandang-kandang para peternak yang ada di Kabupaten Tapin untuk percepatan vaksin dari target 4.000 ekor ternak,” katanya.

Ia mengatakan, meskipun hingga saat ini belum ada ternak baik sapi maupun Kambing yang terinveksi PMK, namun vaksin ini akan tuntas direalisasikan.

Selanjutnya juga tim juga melakukan edukasi kepada peternak, untuk mencegah penyebaran virus PMK ke ternak lain.

Sementara, Fadil, salah satu peternak sapi di Desa Pandahan mengatakan vaksinasi yang dilaksanakan ini penting untuk mencegah penyakit PMK pada hewan.

“Kita menyambut baik dan apresiasi pihak Dinas Pertanian memberikan vaksin PMK ke kandang-kandang para peternak di seluruh Kabupaten Tapin. Apalagi itu baik untuk ternak kita,” ujarnya.

Ia berharap dengan mendatangkan langsung vaksin ke peternak-peternak agar ternak sapi atau kambing menjaid sehat dan aman serta mencegah penyebaran virus ke ternak lain.

Komentar
Banner
Banner