Habar Pemilu 2024

Ribuan Bilik Suara Tiba di Gudang Logistik KPU HST

Ribuan bilik suara itu datang ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah sekitar sekitar pukul 01.30 Wita dinihari.

Featured-Image
Penyerahan bilik suara jelang Pemilu serentak 2024 oleh KPU Provinsi Kalsel ke KPU Kabupaten HST, Selasa (17/10/23). Foto-Dok KPU HST.

bakabar.com, BARABAI - Mendekati Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, ribuan bilik suara tiba di gudang logistik KPU HST, Selasa (17/10/23).

Ribuan bilik suara itu datang ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah sekitar sekitar pukul 01.30 Wita dinihari.

Ribuan bilik suara itu dibawa dari KPU Kalimantan Selatan (Kalsel) menggunakan dua unit truk lengkap dengan patroli dan pengawalan (Patwal) dari Polres HST yang menjemput dari perbatasan kabupaten HST dengan HSS hingga tiba di gudang logistik.

"Sejumlah upaya pengamanan sudah disiapkan diantaranya penempatan petugas jaga, upaya pemasangan CCTV serta langkah antisipasi kerawanan bencana," jelas Ketua KPU HST, H Ardiansyah.

Ia mengatakan untuk tahap pertama ini yang datang baru bilik suara saja, untuk surat suara belum. Jadi, totalnya ada 3.592 bilik suara.

"Untuk tahap kedua nanti kemungkinan bulan Desember 2023 mendatang khusus untuk surat suara," jelasnya.

Ia menjelaskan dalam laporan pengadaan logistik tahap I KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Kalsel dilihat dari E-Catalog Nasional pada tanggal 22 September 2023.

"KPU Kalsel melakukan pengadaan kotak suara, bilik pemungutan suara, tinta dan pengadaan segel. Sementara itu untuk pengadaan yang dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota se-Kalsel berupa segel plastik yang merupakan alat pengaman lainnya pengganti gembok," jelasnya.

Ia mengungkapkan untuk lokasi gudang logistik KPU HST berdekatan dengan Pasar Agrobisnis Barabai, tepatnya di depan terminal Keramat Barabai. Pemilihan tempat ini tentu dari segi keamanan memang cocok, terlebih gudangnya juga lebih luas dan lebar.

"Untuk keamanan di tempat ini, akan dipasang 2 CCTV dan 6 orang petugas untuk penjagaan yang mulai bertugas hari ini," jelasnya.

Sedangkan untuk kerawanan banjir, kata dia pihaknya juga sudah ada antisipasi dini agar bila terjadi banjir air tidak masuk ke dalam gudang. Ia juga mengatakan gudang ini ada dua tingkat dan akan tambah kayu pallet agar lebih tinggi tempatnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner