Ramadan 2023

Resmi, Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan Esok

Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) telah menetapkan awal Ramadhan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis, 23 Maret 2022.

Featured-Image
Seorang petugas melakukan pemantauan hilal untuk menentukan awal Ramadan 1444 hijriah di Masjid Al-Musari'iin Basmol, Kembangan, Jakarta Barat, Rabupetang (22/3). apahabar.com/Bambang Susapto

bakabar.com, JAKARTA - Pemerintah menetapkan awal Ramadan 1444 hijriah jatuh pada Kamis esok (23/3). Seperti yang disampaikan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas. 

Kementerian Agama melaporkan ketinggian hilal dari seluruh Indonesia berada pada posisi 6 derajat 46,2 menit sampai dengan 8 derajat 43,2 menit dengan sudut elevasi 7,93 derajat hingga 9,54.

"Pemantauan hilal dilakukan di 124 titik lokasi di seluruh Indonesia," ujar Gus Yaqut, sapaan karibnya. 

Baca Juga: Pemantauan Hilal Terbanyak, Jawa Timur Juaranya

Dalam sidang isbat tersebut, Kemenag melibatkan sejumlah pakar falak, pakar astronomi, wakil rakyat, ormas Islam, dan Majelis Ulama Indonesia.  

"Rukyatul hilal tadi bersepakat secara mufakat bahwa 1 Ramadan 1444 Hijriyah jatuh pada Kamis esok 23 Maret 2023," ujar Gus Yaqut.

Baca Juga: Tentukan Awal Ramadan, Tim Falakiyah JIC Pantau Hilal di Pulau Tidung

Hasil sidang isbat menjadi acuan seluruh umat Islam di Indonesia untuk menjalankan ibadah puasa Ramadan secara bersama-sama. 

"Kita menggunakan momentum Ramadan ini bersama-sama, mari kita jadikan ini sebagai momentum untuk memperkuat ukhuwah islamiyah dan persatuan," tutup Gus Yaqut. 

Adapun rapat sidang isbat diselenggarakan kementerian di auditorium HM Rasjidi.  Turut hadir pimpinan PBNU, ketua Komisi VIII DPR RI, wakil menteri Agama RI, dan Dirjen Bimas Islam, hingga ormas Islam lainnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner