Pulau Tidung

Tentukan Awal Ramadan, Tim Falakiyah JIC Pantau Hilal di Pulau Tidung

Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) Jakarta Islamic Center (JIC) melakukan pemantauan hilal di Pulau Tidung.

Featured-Image
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) Jakarta Islamic Center (JIC) kirim tim falakiyah ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu untuk memantau hilal, Rabu (22/3). Foto: istimewa

bakabar.com, JAKARTA - Dalam menentukan awal Ramadan 1444 Hijriah Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) Jakarta Islamic Center (JIC) kirim tim falakiyah ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu untuk memantau hilal, Rabu (22/3).

Kepala Sub Divisi Pelatihan dan Pendidikan PPIJ, Arief Rahman Hakim mengatakan pemantauan hilal dan penetapan di Pulau Tidung sesuai dengan arahan kementerian agama.

"Dipilihnya Pulau Tidung berdasarkan arahan dan rekomendasi Kemenag Kepulauan Seribu," kata Arief saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Tim Falakiyah PPIJ Pantau Hilal Ramadan di Pulau Tidung

Ia pun berharap, hilal bisa terlihat dari pemantauan di Pulau Tidung sore ini. Sehingga umat Islam dapat melaksanakan ibadah puasa pada Kamis (23/3/2023) esok.

Arief mengungkapkan, dari perhitungan yang dilakukan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berpotensi awal Ramadan jatuh pada Kamis (23/4) besok.

"Namun demikian, keputusan tergantung hasil pemantauan hari ini dan pengumuman pemerintah dari hasil sidang isbat Kemenag RI," ujarnya.

Diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penentuan awal Ramadan 1444 H sore nanti. Dalam sidang isbat tersebut turut hadir Tim Hisab Rukyat Kemenag dan tamu undangan Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, hingga perwakilan ormas Islam.

Editor


Komentar
Banner
Banner