Olahraga

Renovasi Stadion Demang Lehman Martapura Dimulai Awal 2024, Telan Anggaran Rp117 Miliar

Renovasi Stadion Demang Lehman Martapura, Banjar, dipastikan dimulai awal 2024.

Featured-Image
Stadion Demang Lehman Martapura yang akan direnovasi mulai awal 2024. Foto: apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, MARTAPURA - Renovasi Stadion Demang Lehman Martapura, Banjar, dipastikan dimulai awal 2024. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelontorkan anggaran lebih dari Rp117 miliar.

Stadion Demang Lehman sendiri telah masuk dalam 22 stadion prioritas di Indonesia yang akan direnovasi sesuai standar FIFA.

"Kalau di Banjar, Demang Lemang. Itu menjadi program 22 stadion yang akan direnovasi," jelas Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, kepada bakabar.com di Jakarta.

Kepastian renovasi stadion markas Barito Putera itu dikuatkan dengan penerbitan tender pekerjaan di laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian PUPR.

Dimuat 27 Oktober 2023, proyek tersebut bernama Rehabilitasi dan Renovasi Stadion Demang Lehman Kabupaten Banjar. Adapun nilai pagu paket pengerjaan konstruksi sebesar Rp115.668.499.000.

Kemudian paket lain adalah pengadaan jasa konsultan guna memanajemen pengerjaan konstruksi dengan nilai pagu sebesar Rp2 miliar. Dengan demikian, total paket rehabilitasi dan renovasi Stadion Demang Lehman senilai Rp117 miliar lebih.

Dari time line tahapan tender, penandatanganan kontrak pemenang tender dijadwalkan akhir Desember 2023. Artinya kontraktor sudah dapat melakukan tugas sejak awal 2024.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Banjar, HM Hilman, menjelaskan renovasi Stadion Demang Lehman akan menyesuaikan kebutuhan.

Di antaranya pergantian rumput, termasuk peningkatan lampu stadion sebagai penunjang penerapan Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 mulai musim 2024/2025.

"Pencahayaan yang mendukung teknologi VAR minimal 1.200 lux. Adapun pencahayaan di Stadion Demang Lehman belum memenuhi. Bahkan teknologi lampu sudah ketinggalan," papar Hilman.

Termasuk pembenahan sistem keamanan stadion yang belum memenuhi standar, "Standar keamanan stadion ini meliputi kemanan pemain, wasit, pelatih dan offsial,  serta penonton," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner