Pelestarian Budaya

Rendi Solihin Berkomitmen Lestarikan Budaya dan Kearifan Lokal Kukar

Rendi menyebutkan salah satu tujuan gelaran Genta Nusantara III adalah untuk menyamakan persepsi mengenai pelestarian seni budaya dan kearifan lokal di setiap d

Featured-Image
Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin menghadiri Genta Nusantara III di Bali. Foto: Humas Diskominfo Kukar.

bakabar.com, TENGGARONG - Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin turut menghadiri Genta Nusantara III bertajuk "Keluhuran Nusantara" di Bali. Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan seniman budaya dari seluruh daerah di Indonesia itu digelar pada 2-5 November 2023.

Rendi menyebutkan salah satu tujuan gelaran Genta Nusantara III adalah untuk menyamakan persepsi mengenai pelestarian seni budaya dan kearifan lokal di setiap daerah.

Baca Juga: Jaga Heritage, Pemkab Kukar Terima 3 Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda

Kagiatan budaya itu berisi materi acara meliputi temu budaya, pementasan seni pertunjukan, karnaval seni Wayang, pameran ekonomi kreatif khas Yogyakarta dan eduwisata toleransi.

“Jadi kegiatan Genta Nusantara ini berisikan empat agenda, yakni temu budaya, seni pertunjukan, pameran UMKM, dan kegiatan kepariwisataan visit to Puja Mandala," kata Rendi.

Ia mengatakan, Kukar menjadi salah satu daerah yang mendapatkan perhatian besar di acara tersebut. Hal ini tak terlepas dari adanya Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dibangun di atas wilayah Kukar.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Dalam gelaran ini, salah satu kelompok musik tradisional asal Kukar juga turut mendapatkan kesempatan untuk tampil menjadi salah satu pengisi acara di Genta Nusantara III.

Rendi menegaskan, Kukar berkomitmen untuk terus menjaga kebudayaan dan kearifan lokal tetap bertahan sebagai warisan yang akan diteruskan kepada generasi mendatang.

"Kebudayaan adalah identitas suatu daerah, sudah seharusnya ini dijaga untuk tetap lestari," tegasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner