Pemilu 2024

Relawan: Debat di UI Bakal Melahirkan Capres yang Berkualitas

Wakil koordinator relawan pendukung Prabowo, Haris Rusly Moti merespon wacana adu debat antar bakal calon presiden (bacapres) di Universitas Indonesia.

Featured-Image
Wakil koordinator relawan pendukung Prabowo, Haris Rusly Moti. (Foto: apahabar.com/BS)

bakabar.com, JAKARTA - Wakil koordinator relawan pendukung Prabowo, Haris Rusly Moti merespon adanya wacana adu debat antar bakal calon presiden (bacapres) di Universitas Indonesia.

"Kalau Pilpres itu yang penting memang adu gagasan, adu program, adu visi misi, biar masyarakat bisa menilai," katanya pada bakabar.com, di rumah besar relawan Prabowo 08, Jumat (25/8).

Ia menilai sangat baik jika kampus dijadikan panggung tempat saling tukar ide para bacapres tersebut.

"Kampanyenya itu nanti kampanye visi misi, adu gagasan di negara lain seperti Amerika itu, debat politiknya di Kampus. Ya, menarik sekali jika para bacapres berdebat disaksikan oleh para mahasiswa," tukasnya.

Baca Juga: Debat Bacapres di UI, Pengamat Sebut Ajang Tukar Ide dan Gagasan

Pasalnya, adu debat di ruang publik seperti Kampus akan meminimalisir adu framing yang jelek, adu hoaks, adu domba antara satu pihak dengan yang lain.

"Jika ada yang marah-marah, mengobarkan permusuhan itu bukan kontestasi, bukan pesta. Namanya pesta demokrasi ya, berpesta dengan visi misi," tegasnya.

Baca Juga: PDIP Klaim Ganjar Pranowo Siap Berdebat di Universitas Indonesia

Adapun ia menilai dengan adanya adu debat di ruang publik tersebut akan menghasilkan bacapres yang lebih berkualitas.

"Karena kampus terlibat dalam visi misi bacapres, jadi penilaiannya akan secara objektif dan visi misinya teruji, karena kampus adalah tempat orang-orang terdidik," tuturnya.

Baginya dengan debat politik secara terbuka tidak hanya menggali ide yang baik untuk kemajuan bangsa ke depan tatpi ikut mengedukasi masyarakat.

"Mudah-mudahan terlepas dari kepentingan politik praktis, tapi lebih melihat dari sisi visi misi dan programnya," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner