Kalsel

Rekapitulasi PSU Tingkat Kecamatan di Banjar Ditarget Selesai 3 Hari

apahabar.com, MARTAPURA – Rekapitulasi penghitungan suara PSU Pilgub Kalsel 2020 tingkat kecamatan sudah berlangsung hari ini….

Featured-Image
Proses rekapitulasi di Kecamatan Martapura Kota, Kamis (10/6). Foto-apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, MARTAPURA – Rekapitulasi penghitungan suara PSU Pilgub Kalsel 2020 tingkat kecamatan sudah berlangsung hari ini.

Total ada 7 kecamatan yang menggelar PSU. 5 di antaranya di Kabupaten Banjar, Martapura, Astambul, Mataraman, Aluh Aluh, dan Sambung Makmur.

Di Martapura, proses rekapitulasi penghitungan PSU dimulai sejak siang pukul 12.00 tadi.

Pantauan di lokasi, rekapitulasi dilakukan di Aula Kecamatan Martapura, Jalan Sekumpul Ujung, Indrasari.

Proses rekapitulasi dibagi menjadi dua panel, agar proses berjalan lebih efesien selesai sesuai target.

Komisioner Bawaslu Banjar, M Zain mengatakan hingga sore ini baru dua kelurahan yang berjalan proses rekapitulasi, yakni Sekumpul dan Keraton.

“Keduanya [punya jumlah TPS] terbanyak. Keraton 33 TPS dan Sekumpul 28,” kata Anggota KPU Banjar, M Zain kepada bakabar.com, Kamis (10/6) sore.

Zain melanjutkan, sesuai jadwal dalam aturan proses rekapitulasi di kecamatan ini dari tanggal 10 hingga 14 Juni.

Namun pihaknya sudah memasang target tiga hari selesai. Mengingat yang dihitung hanya satu pemilihan saja, yakni Pilgub Kalsel.

“Target tiga hari selesai. Mudah-mudahan tanggal 13 sudah bisa dikirim ke KPU Kabupaten,” pungkasnya.

Untuk diketahui, penghitungan suara dilakukan secara berjenjang dari TPS ke desa/kelurahan, kemudian dilanjutkan rekapitulasi di tingkat kabupaten. Teraktir rekapitulasi di tingkat provinsi.

Hasil Hitung Cepat di Martapura

Hasil sementara di Kecamatan Martapura Kota melalui Sirekap, Paslon 01 Sahbirin Noor-Muhidin (BirinMu) unggul dari pasangan 02 Denny Indrayana-Difriadi Darjat (H2D).

BirinMu 59,5 persen dengan perolehan 28.793 suara. Sedangkan H2D 40,5 persen dengan total 19.636 suara.

Dari 26 kelurahan/desa di Martapura, pasangan H2D hanya bisa menang tipis di 3 wilayah, yakni Kelurahan Sekumpul, Jawa, dan Sungai Paring. Sementara BirinMu unggul di 23 wilayah lainnya.

Sebelumnya, MK memerintahkan KPU Kalsel menggelar pemungutan suara ulang dalam putusan perkara nomor 124/PHP.GUB-XIX/2021 yang diajukan pasangan calon nomor urut 2 Denny Indrayana-Difriadi.

MK memerintahkan KPU menggelar PSU pada semua TPS di satu kecamatan di Kota Banjarmasin, semua TPS di lima kecamatan di Kabupaten Banjar, dan 24 TPS di satu kecamatan di Kabupaten Tapin.

Komentar
Banner
Banner