DPRD Banjarbaru

Realisasikan Aspirasi Warga, Legislator Banjarbaru Serahkan Bantuan

Yang mana motor roda tiga itu akan digunakan masyarakat untuk mengangkut sampah, sebab permasalahan sampah masih menjadi momok di Banjarbaru.

Featured-Image
Anggota DPRD Banjarbaru Nurkhalis saat menyerahkan bantuan motor roda tiga kepada masyarakat penerima. / Fida

bakabar.com, BANJARBARU - Anggota DPRD Banjarbaru, Nurkhalis Anshari merealisasikan bantuan motor roda tiga pengangkut sampah. 

Penyerahan bantuan motor roda tiga merk Tossa dilaksanakan di Pool Armada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarbaru, Selasa (8/8/2023) pagi.

"Memang di beberapa reses kita, masyarakat banyak mengeluhkan tentang tata kelola sampah di Banjarbaru. Salah satunya adalah minimnya tempat pembuangan sampah," kata Khalis sapaan akrabnya saat ditemui di lokasi penyerahan bantuan.

Kendaraan roda tiga tersebut akan digunakan untuk memfasilitasi warga membuang sampah ke tempat pembuangan sampah (TPS).

"Harapan kami ke depan dengan adanya tossa ini bisa membantu menyalurkan sampah, baik di komplek maupun di kampung ke tempat pembuangan sementara yang sudah disediakan Pemkot Banjarbaru," harapnya.

Baca Juga: DPRD Banjarbaru Realisasikan Aspirasi Pembangunan Fasilitas di SDN 5 Cempaka

Ada dua unit kendaraan roda tiga yang diserahkan untuk warga kelurahan Loktabat Utara dan Loktabat Selatan. Dia mengatakan untuk tahun ini saja ada lima permintaan bantuan kendaraan roda tiga dari warga. 

"Juga sudah ada warga yang mengusulkan Tossa di tahun depan, tapi kami bantu bertahap karena aspirasi masyarakat kan beraneka ragam, tinggal bagaimana kita mengatur dan memilih mana yang menjadi skala prioritas di masing - masing tempat," jelasnya.

Sebab, poin utamanya, kata Khalis, adalah bagaimana wakil rakyat dapat membantu masalah pengelolaan sampah masyarakat Banjarbaru.

"Apalagi saat ini statusnya Ibu Kota Provinsi. Untuk itu harus bisa lebih bersih lagi," tuntasnya.

Sementara itu, warga penerima bantuan dari RT 6 RW 4 Kelurahan Loktabat Selatan, A. Wiyo mengaku senang mendapat bantuan tossa.

"Tentu kita senang mendapat bantuan tosa dari Pemkot didukung dewan kita Pak Nurkhalis. Tossa ini tidak lain untuk kebersihan lingkungan di komplek kami, komplek Green Tasbih. Terimabkasih atas direalisasikannya tossa ini untuk warga komplek kami," cetusnya.

Senada dengan A. Wiyo, Ketua RT 24 RW 10 Kelurahan Loktabat Utara, Rahman, berjanji akan merawat Tossa-nya dengan baik.

"Ini sangat bermanfaat buat kami, akan dirawat sebaik baiknya, kami terimakasih atas perhatian yang diberikan kepada warga kami," katanya.

Baca Juga: Anak Rafael Alun Dicecar KPK soal Kepemilikan Aset Mewah

Lebih lanjut Rahman berkata jika kendaraan roda tiga yang diberikan bukan hanya digunakan untuk mengangkut sampah, tapi juga untuk membantu kegiatan lainnya seperti pengurusan kematian dan hajatan warga.

"Jadi kalau ada kematian, kita sudah ada wadah untuk mengangkut ember dan peralatan lainnya menggunakan ini. Serbaguna lah kegunaannya ini. Misal orang pengantinan jadi tidak untuk sampah aja. Ini bantuan pertama di tempat kita,"  tukasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner