Hari Kebaikan Dunia

Rayakan Kebaikan di World Kindness Day 13 November

Berbuat kebajikan memang harus dilakukan kapan pun dan di mana saja. Namun, khusus hari ini, 13 November, tiap tahunnya diperingati sebagai World Kindness Day.

Featured-Image
Menebar kebaikan untuk merayakan World Kindness Day (Foto: dok TheJournal)

bakabar.com, JAKARTA - Berbuat kebajikan memang harus dilakukan kapan pun dan di mana saja. Namun, khusus hari ini, 13 November, tiap tahunnya diperingati sebagai World Kindness Day alias Hari Kebaikan Sedunia. 

Peringatan ini merupakan momentum untuk menyebarluaskan kebaikan dengan gerakan kecil sekali pun. Dengan begitu, Hari Kebaikan Sedunia diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebajikan sebagai kekuatan pemersatu.

Belum Diakui Secara Resmi

Meski sudah diperingati setiap tahun sejak 1998, ternyata Hari Kebaikan Sedunia belum diakui secara sah. Adapun sah yang dimaksud, ialah belum memperoleh status pengakuan resmi dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Hari Kebaikan Sedunia sendiri pertama kali diperkenalkan oleh World Kindness Movement atau Gerakan Kebaikan Dunia pada 1998. Ketika itu, sejumlah lembaga dan asosiasi dari Australia, Thailand, Amerika Serikat, dan Inggris menggelar sebuah konferensi di Tokyo.

Konferensi yang digelar pada 1997 itu lantas melahirkan Gerakan Kebaikan Dunia setahun setelahnya. Organisasi tersebut berjanji akan bergabung bersama untuk membangun dunia yang lebih baik dan berbelas kasih. 

Sebab itulah, sejak pertama kali dicetuskan, Hari Kebaikan Sedunia memiliki tujuan “menyoroti perbuatan baik di masyarakat yang berfokus pada kekuatan positif dan benang merah kebaikan yang mengikat sesama manusia.” 

Menarik Atensi Global

Sedari pertama kali diperkenalkan, Hari Kebaikan Sedunia menuai atensi global. Setiap orang dari berbagai negara melakukan beragam kegiatan untuk merayakan hari ini, di antaranya menggelar konser, berdansa bersama, atau membagikan ‘kartu kebaikan.’

Euforia Hari Kebaikan Sedunia, akhirnya, juga turut dirayakan di Singapura, India, dan Italia pada 2009. Peringatan ini bahkan berkontribusi dalam menginspirasi lahirnya Kindness Day UK di Inggris.

Kendati hingga kini belum diresmikan oleh PBB, organisasi tersebut sempat ‘merestui’ Hari Kebaikan Sedunia dengan mencuit sekaligus membagikan tagar terkait peringatan ini pada 2020. PBB juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi merayakan hari itu.

Cara Merayakan Hari Kebaikan Sedunia

Sebagaimana yang direkomendasikan PBB, untuk merayakan Hari Kebaikan Sedunia, Anda bisa ikut membagikan konten terkait di media sosial. Sebarkan kesadaran dan edukasi akan pentingnya kebaikan untuk peradaban.

Di samping itu, Anda juga bisa memberikan kebaikan kecil kepada sesama. Buatlah orang di sekitar Anda merasa bahagia, entah itu dengan memberikan pujian, tersenyum ketika mereka lewat, atau memberikan tempat duduk di transportasi umum.

Demikianlah sekilas pembahasan mengenai Hari Kebaikan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 13 November. Jadi, dengan cara apa Anda merayakan peringatan ini?

Editor
Komentar
Banner
Banner