Hari Kemerdekaan RI

Ada Lho! Lima Negara yang Tidak Punya Hari Kemerdekaan

Setiap tanggal 17 Agustus, Indonesia merayakan hari kemerdekaan. Tapi ternyata tak semua negara punya hari kemerdekaan.

Featured-Image
Ilustrasi negara Turki. Foto: CNBC International

bakabar.com, JAKARTA Setiap tanggal 17 Agustus, Indonesia merayakan hari kemerdekaan. Tapi ternyata tak semua negara punya hari kemerdekaan.

Perayaan hari kemerdekaan di Indonesia ditandai dengan upacara dan pengibaran bendera merah putih. Itu dilakukan sebagai tradisi untuk memperingati perjuangan para pahlawan dari belenggu penjajah yang pada waktu itu menduduki Indonesia.

Namun, tidak semua negara memiliki hari kemerdekaan. ternyata ada beberapa negara yang tidak pernah merayakan hari tersebut. Berikut daftar negara yang tidak pernah merayakan hari kemerdekaan.

Inggris

Negara Inggris tidak pernah merayakan Hari Kemerdekaan. Foto: The Lingoda
Negara Inggris tidak pernah merayakan Hari Kemerdekaan. Foto: The Lingoda

Negara yang kini dipimpin oleh Charles III itu, tidak pernah merayakan hari kemerdekaan. Pasalnya negara yang terletak di Eropa Barat itu, justru lebih banyak menjajah bangsa lain.

Negara yang pernah dijajah oleh Inggris termasuk Australia, Malaysia, Brunei, Singapura, Mesir, dan masih banyak lagi. Penjajahan itu dilakukan untuk memonopoli jalur dagang dunia, terutama untuk rempah.

Baca Juga: Google Rayakan Kemerdekaan RI lewat Ilustrasi Diela Maharanie

Oleh karena itu, dahulu Inggris dikenal sebagai salah satu negara yang cukup banyak menjajah bangsa lain pada masa kolonialisme.

Denmark

Ilustrasi negara Denmark. Foto: The New York Times
Ilustrasi negara Denmark. Foto: The New York Times

Denmark merupakan negara yang terletak di Eropa Barat. Negara itu dikenal tidak memiliki hari kemerdekaan, tapi mereka memperingati Hari Pembebasan (Liberation Day) setiap 5 Mei, Hari Pembentukan Konstitusi (Constitution Day) setiap 5 Juni, dan Hari Valdemars setiap 15 Juni.

Berbeda dengan Inggris, negara Skandinavia itu tidak pernah dijajah atau pun menjajah negara lain. Hal itu telah berlangsung sejak 1000 tahun lalu sampai dengan masa kini.

Melansir dari The Copenhagen Post, Denmark juga tidak pernah melalui proses pemecahan atau unifikasi wilayah seperti Jerman atau Vietnam. Karenanya, negara kelahiran bangsa Viking itu tidak pernah merayakan Hari Kemerdekaan seperti Indonesia.

Turki

Ilustrasi negara Turki. Foto: CNBC International
Ilustrasi negara Turki. Foto: CNBC International

Sebagai negara yang dikenal terletak pada lintas benua, Turki juga tidak memiliki hari kemerdekaan. Tapi, Turki memperingati Hari Nasional yang disebut Republic Day.

Baca Juga: Lomba Panjat Pinang, Dulunya adalah Tontonan Hiburan Warga Belanda

Republic Day merupakan peringatan proklamasi pembentukan Republik Turki pada 29 Oktober 1923 dan pembubaran dinasti Ottoman.

Jepang

Jepang menjadi negara yang tidak memiliki hari kemerdekaan. Foto: Economic Times
Jepang menjadi negara yang tidak memiliki hari kemerdekaan. Foto: Economic Times

Menjadi salah satu negara yang menjajah Indonesia setelah Belanda, Jepang merupakan negara yang tidak memiliki Hari Kemerdekaan. Serupa dengan Inggris, Jepang termasuk sebagai negara Penjajah.

Selain Indonesia, negeri yang dikenal dengan pohon Sakura itu, menjajah cukup banyak negara selama Perang Dunia II. Negara-negara seperti Korea, Vietnam dan juga China termasuk daerah jajahan Jepang.

Meski begitu, Jepang memiliki perayaan Hari Nasional yakni Hari Pembentukan Nasional setiap 11 Februari yang memperingati pembentukan Jepang oleh Kaisar Jimmu pada tahun 660 sebelum Masehi.

Arab Saudi

Ilustrasi negara Arab Saudi. Foto: Oil and Gas Middle East
Ilustrasi negara Arab Saudi. Foto: Oil and Gas Middle East

Tak jarang orang tahu bahwa negara penghasil minyak terbesar itu, tidak memiliki hari kemerdekaan dalam kalendernya. Hal itu karena Arab Saudi termasuk negara yang tidak pernah menjajah mapun dijajah.

Tapi, Arab Saudi memiliki perayaan Hari Nasional setiap 23 September untuk memperingati pembentukan Kerajaan Saudi oleh Raja Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud.

Selain dari daftar tersebut, ada beberapa negara lainnya yang juga tak pernah merayakan hari kemerdekaan seperti Bhutan, Portugal, Spanyol, Prancis dan juga Thailand.

Editor


Komentar
Banner
Banner