Harjad Banjarmasin

Ratusan Warga Ikut Lomba Mancing, Ibnu Sina Minta Ekosistem Sungai Dijaga

apahabar.com, BANJARMASIN – Terik matahari tak menurunkan semangat ratusan orang untuk mengikuti lomba memancing di Kampung…

Featured-Image
Ibnu Sina saat menghadiri kegiatan lomba mancing di Kampung Hijau, Banjarmasin Timur. Foto-apahabar.comBahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN – Terik matahari tak menurunkan semangat ratusan orang untuk mengikuti lomba memancing di Kampung Hijau, Sungai Bilu, Banjarmasin Timur, Minggu (29/09).

Lomba yang digelar dalam rangka Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-493 memperebutkan hadiah uang pembinaan, plus bingkisan menarik. Sementara kategori ikan yang menjadi target di antaranya ikan bawal, sanggang, puyau, kelabau, patin, baung, dan ikan jelawat.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, menilai kota Seribu Sungai memiliki banyak daya tarik. Satu di antaranya adalah wisata mancing. Ia sendiri sering melihat warga yang memancing di setiap tepi sungai.

“Jadi tidak salah jika kita gelar lomba mancing. Pasti banyak peminatnya. Event ini diharapkan bisa rutin dilaksanakan. Bukan hanya saat momentum hari jadi saja, tapi juga bisa menambah semarak dan keunikan Kampung Hijau,” tuturnya.

Event memancing diharapkan tidak sekadar untuk menyalurkan hobi saja, tetapi juga sebagai kegiatan yang edukatif yakni memberikan pemahaman kepada warga untuk ikut menjaga ekosistem sungai.

“Jangan buang sampah sembarangan. Kita hidup dan mencari nafkah di sungai. Sudah sewajarnya kita menjaga sumber kehidupan kita,” pesan Ibnu.

Lomba yang digelar di Kecamatan Banjarmasin Timur diikuti komunitas pemancing dari berbagai wilayah di Banjarmasin.

Camat Banjarmasin Timur, Ahmad Muzaiyin, menyebut sejak digelar pada 2018, banyak pemancing yang ikut berpartisipasi. Karenanya, ia menargetkan peserta lomba memancing tahun depan mencapai 494 peserta sesuai dengan usia Kota Banjarmasin.

“Ke depan akan diperluas lagi. Target pesertanya 494 sesuai dengan usia Banjarmasin,” terangnya.

Baca Juga: Intrusi Air Laut, Hiu Masuk Sungai Barito

Baca Juga: Turnamen Futsal Harjad Banjarmasin, SDN Kelayan Barat 3 Keluar sebagai Juara

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner