Tak Berkategori

Ratusan Ribu Surat Suara PSU Pilgub Kalsel Mulai Dilipat, KPU Banjarmasin: Paling Cepat Tiga Hari

apahabar.com, BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin mulai melakukan pelipatan surat suara untuk Pemungutan…

Featured-Image
Suasana pelipatan surat suara untuk PSU Pilgub Kalsel 2020 untuk Kecamatan Banjarmasin Selatan.

bakabar.com, BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin mulai melakukan pelipatan surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel) 2020.

Proses pelipatan surat suara untuk PSU Pilgub Kalsel 2020 ini dilakukan di Gedung Wanita di Jalan Brigjen Hasan Basri pada Rabu (26/5/2021).
Surat suara sendiri diketahui sudah diterima oleh KPU Banjarmasin terhitung sejak Sabtu (22/5) dari KPU Kalsel.

Komisioner KPU Banjarmasin, Hery Wijaya menerangkan bahwa jumlah surat suara yang diterima dari KPU Kalsel untuk PSU Pilgub Kalsel 2020 sebesar 110.635.

Jumlah tersebut menurutnya sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang menjadi wilayah pelaksanaan PSU, yakni Kecamatan Banjarmasin Selatan.

“DPT di Kecamatan Banjarmasin Selatan itu sebesar 107.782, kemudian ditambah dengan cadangan yakni 2,5 persen, sehingga totalnya 110.635 surat suara,” katanya.

Dijelaskan oleh Hery Wijaya bahwa surat suara berjumlah 110.635 tersebut diterima dalam sebuah kotak kemasan.

“Ada 55 kotak dengan isi 2000 surat suara, kemudian satu kotak berisi 635 surat suara, sehingga totalnya ada 56 kotak surat suara,” jelasnya.

Disinggung mengenai target penyelesaian pelipatan sekaligus juga penyortiran surat suara tersebut, Hery Wijaya mengatakan tiga hari.

“Kami targetkan selama tiga hari dan dimulai hari ini. Tapi mudah-mudahan dalam dua hari sudah bisa selesai,” ujarnya seraya mengatakan bahwa proses pelipatan surat suara tersebut juga dikawal oleh aparat kepolisian.

Apabila ditemukan surat suara yang rusak saat dilakukan penyortiran, sambung Hery, akan segera melaporkannya ke KPU Kalsel.

“Akan kita buatkan berita acara dan kalau memang nantinya jumlahnya kurang karena banyak ditemukan yang rusak maka kita akan mengajukkan permintaan untuk ditambah,” katanya.

Sementara mengenai logistik pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel 2020 lainnya yang sudah diterima, Hery Wijaya menerangkan ada beberapa.

“Kita sudah menerima 1195 kabel ties untuk kotak suara, kemudian APD seperti masker kain sebanyak 800 buah. Yang lainnya mungkin menyusul, misalkan kotak suara rencananya besok kita terima,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner