Hot Borneo

Ratusan Jemaah Telantar di Jakarta Berangkat ke Mekkah Pekan Depan?

Desas-desus kabar ratusan jemaah umrah asal Kalsel-Tim yang telantar di Jakarta akan berangkat ke Mekkah pada pekan depan mulai terdengar.

Featured-Image
Jemaah umrah telantar mulai pulang kampung. Foto-Habib Faturrahman Bahasyim for apahabar.com

bakabar.com, BANJARMASIN - Desas-desus kabar ratusan jemaah umrah asal Kalimantan Selatan dan Timur (Kalsel-Tim) yang telantar di Jakarta akan berangkat ke Mekkah pada pekan depan mulai terdengar. 

Kabar bahagia tersebut diungkap Habib Faturrahman Bahasyim, salah seorang jemaah umrah asal Kalsel yang kini sudah pulang ke Banjarmasin. 

Ia mengaku mendengar kabar jika ratusan jemaah akan diberangkatkan secara bertahap sesuai pertemuan dengan penyelenggara. 

"Posisi saya sudah di Banjarmasin, kemarin pulang bersama jemaah lainnya yang sedang sakit. Memang ada kabar akan diberangkatkan secara bertahap," ucap Habib Faturrahman kepada bakabar.com, Minggu (9/10).

Kendati demikian, ia belum bisa memastikan kebenaran informasi tersebut.

"Kemungkinan benar dan mudahan kabar ini benar," katanya. 

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalsel, Muhammad Tambrin berdalih belum mendapatkan informasi valid terkait hal itu.

"Belum ada informasi," ujar Tambrin.

Tambrin hanya menyampaikan data jemaah yang pulang kampung ke Banjarmasin. Sedikitnya terdapat 48 jemaah yang pulang pada malam ini.

"Tiga orang pagi ini dan 38 jemaah ke Bekasi. Jadi totalnya 89 jemaah. Adapun biaya kepulangan mereka memakai dana sendiri-sendiri. Sebab, Kemenag tak ada anggaran untuk umrah yang gagal," pungkasnya.

Artinya, saat ini masih ada 87 jemaah yang masih bertahan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Meski putus asa, mereka tetap berharap diberangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah umrah.

Editor


Komentar
Banner
Banner