Piala Asia 2023

Ranking FIFA Rendah, Shin Tae-yong Tak Minder dengan Timnas Indonesia

Pasca kekalahan dari Libya, ahli strategi Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) mengungkapkan perihal peringkat FIFA Skuad Garuda hanyalah angka.

Featured-Image
Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

bakabar.com, JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) tak mempermasalahkan peringkat FIFA skuat Garuda menjadi salah satu yang paling rendah di Piala Asia 2023.

Menurut STY, kepercayaan diri pemain lebih penting dibandingkan peringkat FIFA dalam menjalani turnamen terbesar di Asia tersebut.

"Peringkat hanyalah angka. Ini adalah kepercayaan diri para pemain. Saya memikirkan bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri para pemain," kata Shin Tae-yong. 

Saat ini Indonesia sendiri memiliki peringkat terendah dalam rangking FIFA dibandingkan pesaingnya di Grup D Piala Asia 2023.

Baca Juga: Jelang Piala Asia, STY Punya 2 Tugas Berat Benahi Skuat Indonesia

Secara data ranking FIFA yang telah dirilis Desember 2023, Indonesia berada di posisi 146, sedangkan Jepang berada di peringkat 17, Irak ditempat 63, Vietnam di di posisi 94.

Indonesia juga baru saja menelan kekalahan atas Libya 1-2 dalam laga uji coba, Jumat (5/1) lalu. Hasil tersebut akan masuk perhitungan peringkat FIFA untuk kedepannya. 

Namun Shin Tae-yong menjelaskan kekalahan itu menjadi pelajaran berharga bagi anak asuhnya.

Apalagi itu menjadi pengalaman berharga para pemain menghadapi lawan yang memiliki level dan kualitas di atas skuat Garuda. 

Baca Juga: Timnas Indonesia Piala Asia 2023 Terbentuk, Tanpa Pemain Borneo FC!

"Jika para pemain bermain tanpa patah semangat saat menghadapi tim yang lebih baik daripada kami, ada ekspektasi bisa membawa hasil di luar ekspektasi,” tambah Shin Tae-yong.

Selanjutnya, Indonesia masih memiliki satu pertandingan uji coba jelang Piala Asia 2023 dengan menghadapi Iran, Selasa (9/1) pukul 20.30 WIB.

Editor


Komentar
Banner
Banner