LIFESTYLE

Ramadan Sebentar Lagi, Siapkan Diri dengan 6 Hal Ini

Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Rukun Islam ketiga ini hukumnya wajib dilaksanakan. Terlebih, pada bulan Ramadan

Featured-Image
Ilustrasi menyambut datangnya Bulan Suci Ramadan. Foto: Net.

bakabar.com, JAKARTA - Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Rukun Islam ketiga ini hukumnya wajib dilaksanakan. Terlebih, pada bulan Ramadan segala ibadah yang dilakukan akan dilipatgandakan.

Pada bulan penuh berkah ini juga mengajarkan umat Muslim untuk melatih kesabaran dan menahan berbagai godaan. Hal ini dilakukan untuk menjadi hamba yang takwa di hadapan Allah SWT.

Maka tak heran, jika banyak orang yang mempersiapkan banyak hal untuk menyambut bulan Ramadan.

Persiapan Menyambut Bulan Ramadan

1. Mendekatkan Diri pada Yang Kuasa

Persiapan Ramadan yang paling dasar adalah menguatkan iman dan mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.

Persiapan secara keimanan bisa dilakukan dengan mulai melatih pengendalian dari kebiasaan-kebiasaan buruk sehari-hari.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara sesederhana memastikan salat lima waktu yang tidak pernah bolong.

2. Memperdalam Ilmu Agama

Agar puasa berjalan dengan lancar, kamu bisa mendalami ilmu agama untuk memahami hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berpuasa. Jadi, amal ibadah yang telah kamu perbuat di bulan Ramadan tidak akan sia-sia.

Ada cara-cara yang bisa diakukan untuk memperdalam ilmu agama, seperti membaca buku yang berisi ajaran Islam dan berdiskusi dengan pemuka agama di lingkungan sekitar.

3. Melunasi Hutang Puasa Tahun Lalu

Sebelum menyambut bulan Ramadan, jangan lupa untuk melunasi hutang puasa di tahun lalu. Karena, ada beberapa kondisi yang memperbolehkan umat Muslim untuk tidak menjalani ibadah puasa. Seperti saat sedang sakit, hamil, dan datang bulan.

Jadi, jika masih punya hutang puasa karena beberapa kondisi tersebut jangan lupa untuk melunasinya terlebih dulu sebelum memasuki bulan Ramadan ini.

4. Menjaga Kesehatan Tubuh

Bulan Ramadan adalah bulan di mana sangat dianjurkan untuk berbuat kebaikan dan mengumpulkan pahala. Ditambah dengan ibadah Puasa, sudah pasti memerlukan kondisi fisik dan jasmani yang prima. Jika sampai kamu jatuh sakit, tentu ibadah tidak akan jadi maksimal.

Jaga kondisi fisik dan jasmani mulai dari sekarang dengan mengurangi kebiasaan tidak sehat seperti bergadang dan mengonsumsi makanan tidak sehat.

Mulailah lebih rutin berolahraga dan bila perlu konsumsi vitamin atau suplemen kesehatan. Dengan mengonsumsi multivitamin, tubuh jadi tahan banting memasuki bulan Ramadan dan tidak gampang sakit. Sehingga tak ada halangan untuk berpuasa hingga akhir.

5. Persiapan Amal dan Materi

Memasuki bulan Ramadan, persiapan materi adalah persiapan menyambut Ramadan selanjutnya yang jangan boleh terlewatkan.

Selain karena kebutuhan menjelang bulan Ramadan yang meningkat serta harga-harga barang yang melonjak, tentu ingin meningkatkan amal dengan berzakat dan bersedekah di bulan Ramadan, bukan?

Karena masih memiliki cukup waktu, mulailah kelola keuangan dengan hidup lebih hemat agar tabunganmu cukup untuk memenuhi kebutuhan dan juga amal di Bulan Ramadan.

6. Menjaga Kebersihan

Masih ingat bukan kebersihan sebagian dari iman? Ya, slogan tersebut benar adanya. Dengan menjaga kebersihan rumah, lingkungan sekitar, bahkan jika bisa ikut serta membersihkan masjid dan musala akan lebih baik.

Jika lingkungan bersih pastinya beribadah tentu akan terasa nyaman.

Editor


Komentar
Banner
Banner