Religi

Pusing Terlilit Utang? Inilah Doa Agar Lapang Sesuai Ajaran Rasulullah

Sembari terus berusaha menambah pemasukan, terdapat doa untuk orang yang sedang dililit masalah utang.

Featured-Image
Ilustrasi terlilit utang akibat kebutuhan yang semakin meningkat. Foto: Media Konsumen

bakabar.com, BANJARMASIN - Sembari terus berusaha menambah pemasukan, terdapat doa untuk orang yang sedang dililit masalah utang.

Doa memang tidak secara langsung membuat utang menjadi lunas. Namun ini bisa menjadi jalan meminta bantuan kepada Sang Pencipta agar diberikan kemampuan untuk melunasi utang.

Mengutip dari laman NU Online, Nabi Muhammad SAW pernah mengajarkan satu doa kepada sahabat berbama Abu Umamah yang mengalami masalah utang.

Disebutkan oleh Abu Sa‘id al-Khudri, Rasulullah kemudian meminta Abu Umamah untuk membaca doa setiap memasuki waktu pagi dan sore hari. Berikut doa yang disampaikan Rasulullah:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni a‘udzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘udzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘udzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘udzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijal.

Artinya "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang".

Doa Lain

Selanjutnya doa terlilit utang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi. Dikatakan bahwa doa ini juga diajarkan oleh Rasulullah kepada Ali bin Abi Thalib. Berikut ini adalah doanya:

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummak fini bi halalika ‘an haramika wa aghnini bifadhlika ‘aman siwaka.

Artinya: "Ya Allah, cukupilah aku dengan rezekiMu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karuniaMu (hingga aku tidak minta) kepada selainMu." (HR Tirmidzi)

Sementara diriwayatkan oleh Thabrani, Rasulullah juga mengajarkan doa yang lain kepada Abu Umamah. Berikut doanya:

Allahumma Malikal mulki tu’til mulka man tasya’ wa tanzi’ul mulka mimman tasya’ wa tu’izzu man tasya’ wa tudzillu man tasya’ biyadikal khair, innaka ‘ala kulli syain qadir. Rahmanad Dunya wal Akhirati wa Rahimuha tu’thihuma man tasya’ wa tamna’u man tasya irhamni rahmatan tughnini biha ‘an rahmati man siwaka.

Artinya: "Ya Allah, Engkau pemilik kerajaan. Hargai siapa pun yang Kau kehendaki dan hina siapa pun yang Kau kehendaki, di tangan-Mu kebaikan , karena Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu, Yang Maha Penyayang di dunia dan di akhirat, dan Yang Maha Penyayang di antara mereka.

Engkau memberikannya kepada siapa pun yang Engkau kehendaki dan mencegahnya dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Kasihanilah aku dengan rahmat yang cukup kepada saya, Tak ada yang dapat memberi rahmat selain Engkau ya Allah." (HR. At Thabrani)

Editor


Komentar
Banner
Banner