Kebakaran Taman Nasional Baluran

Puntung Rokok Diduga Penyebab Kebakaran Hutan Baluran Seluas 1,9 Hektare

Hutan jati di kawasan Taman Nasional Baluran Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Minggu malam terbakar, (11/6). Penyebab terbakarnya hutan seluas 1,9 Hektare terse

Featured-Image
Hutan jati taman nasional Baluran kabutapen Situbondo Jawa timur mengalami kebakaran.(11/6). Foto: Dok. BPBD Situbondo untuk apahabar.com

bakabar.com, SITUBONDO - Hutan jati di kawasan Taman Nasional Baluran Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Minggu malam terbakar, (11/6). Penyebab terbakarnya hutan seluas 1,9 hektare tersebut diduga dari puntung rokok.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Situbondo Sruwi Hartanto menjelaskan, bahwa kebakaran hutan jati di kawasan Taman Nasional Baluran Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih itu, terjadi sekitar pukul 21.30 WIB.

"Kalau kebakaran sebenarnya penangananya dari damkar, kami bertanggung jawab atas kebencanaanya," kata Sruwi Hartanto kepada bakabar.com, Senin (12/6). 

Dari peristiwa kebakaran tersebut pihaknya telah menurunkan dua unit kendaraan mobil pemadam kebakaran. 

"Alhamdulillah semalam sudah kondusif," ujarnya.

Baca Juga: Aktivitas KA Tanjung Priok Dihentikan Imbas Kebakaran di Pademangan

Hartanto menjelaskan kebakaran hutan jati terjadi di Blok Pengarengan, RPTN Watunumpuk. Daun jati dan ranting serta semak yang mulai mengering pada musim kemarau tahun ini membuat api dengan cepat merambat.

Sementara itu penyebab kebakaran hutan jati tersebut masih belum bisa dipastikan. Dugaan sementara api berasal dari orang-orang yang membuang puntung rokok sembarangan.

"Kemungkinan dari puntung rokok yang di buang oleh orang gila," paparnya.

Baca Juga: Pemilik Resto Langganan Jokowi Bantah Kebakaran 4 Juni

Untuk memadamkan kebakaran hutan jati di kawasan Taman Nasional Baluran itu, Sruwi menambahkan, pemadaman api dilakukan secara manual.

Adapun metode pemadaman BPBD Situbondo dilakukan dengan cara pemadaman api dilawan dengan api. Hal itu disebabkan karena jauhnya jangkauan mobil pemadaman kebakaran.

"Ya api kita cegat dengan api, jadi api liar tidak bisa merambat ke tempat lain," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner