News

Puluhan Pohon Ditebang untuk Pembangunan Trotoar di Banjarmasin

Pemotongan pohon ini untuk pembangunan trotoar dan drainase sekitar 3 kilometer di Banjarmasin.

Featured-Image
Pemotongan pohon ini untuk pembangunan trotoar dan drainase sepanjang 3 kilometer di Banjarmasin. Foto: Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN - Sebanyak 52 pohon ditebang di Kota Banjarmasin. Pohon ini berada di kawasan Lambung Mangkurat, Pangeran Samudra dan Hasanuddin HM Banjarmasin.

Pemotongan pohon ini untuk pembangunan trotoar dan drainase sekitar 3 kilometer di Banjarmasin.

"Kita harapkan tidak sampai 52 pohon jumlah yang ditebang. Bisa juga kurang dan hanya dilakukan pemangkasan di beberapa bagian," ujar Kabid Pertamanan dan Sarana DLH Banjarmasin, M Fauzi Noor.

Meski begitu, ia mengatakan bahwa pohon yang ditebak dampak dari pembangunan trotoar dan drainase itu bakal diganti baru.

Hal itu sesuai hasil kesepakatan antara DLH dengan pihak kontraktor, selaku pelaksana proyek pembenahan trotoar dan drainase.

Selain pembenahan, beberapa titik juga akan dilengkapi dengan pintu-pintu air untuk mengatur ketinggian air dan saat airnya penuh agar bisa dipompa keluar.

"Aliran air akan terkoneksi dengan Sungai Tatas dan Sungai Balasung. Tentunya, pembenahan ini menjadi upaya dalam mengatasi banjir rob yang mengenang setiap tahunnya di Kota Seribu Sungai," jelasnya.

Perlu diketahui, pembenahan trotoar dan drainase sekitar 3 kilometer itu, diketahui menelan biaya sekitar Rp20 miliar.

Editor
Komentar
Banner
Banner