Hot Borneo

Proyek Strategis Taman Nol Kilometer Mulai Dibangun, Usung Sejarah Banjarbaru

Pemkot Banjarbaru melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarbaru mengerjakan proyek strategis tersebut sejak Juni 2023.

Featured-Image
Desain Taman Nol Kilometer Banjarbaru. Foto-Dinas PUPR Banjarbaru

bakabar.com, BANJARBARU – Salah satu proyek strategis Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarbaru yakni Taman Nol Kilometer pembangunannya mulai dikerjakan.

Pemkot Banjarbaru melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarbaru mengerjakan proyek strategis tersebut sejak Juni 2023.

Kepala Dinas PUPR Banjarbaru, Eka Yuliesda Akbari melalui Kepala Bidang Cipta Karya, Nina Aprodhita mengatakan, taman yang berlokasi di eks lapangan parkir Pasar Bauntung ini termasuk salah satu dari 10 proyek strategis Banjarbaru.

Taman Nol Kilometer ini, kata Nina, mengusung konsep sejarah, dimana ornamen yang digunakan menggambarkan sejarah perjalanan Kota Banjarbaru.

"Di dalam ornamen itu menggambarkan perjalanan Banjarbaru, ada semacam pintu lorong waktu perjalanan Banjarbaru dari awal sampai ditetapkan sebagai ibu kota provinsi (Kalimantan Selatan),” katanya Jumat (7/7).

Nama nol kilometer, jelasnya menandakan lokasi taman yang berada di pusat kota, juga sejajar dengan Balai Kota Banjarbaru. Bukan sebagai pengukuran jarak.

Taman ini akan dibangun di lahan seluas 327 meter persegi, dengan nilai kontrak Rp1,7 miliar. Adapun saat ini di lokasi, tengah dilakukan pembersihan lahan.

“Pengerjaan Taman Nol Kilometer itu sekitar 180 hari kalender, sekitar Desember 2023 rampung,” terangnya.

Terakhir, Nina bilang dalam pengerjaannya  mendapatkan pendampingan dari aparat hukum, yakni Kepolisian hingga Kejaksaan Banjarbaru.

"Kita perlu pendampingan, misalnya berhubungan dengan keabsahan hukum agar progres tetap terukur dan bisa dipertanggungjawabkan,” tukas Nina.

Editor


Komentar
Banner
Banner