Pemkot Banjarbaru

Program RT Mandiri Diklaim Berhasil, Ribuan Bebek Pokmas di Kemuning Banjarbaru Dipanen

Ribuan bebek Peking milik kelompok masyarakat (Pokmas) Berkah Bersama Kemuning dipanen di area peternakan RT 24 Guntung Pinang, Kemuning Jumat (15/09).

Featured-Image
Wali Kota Banjarbaru, M. Aditya Mufti Ariffin hadir di panen raya Bebek Peking Pokmas Berkah Bersama Kemuning. Foto : apahabar/Fida

bakabar.com, BANJARBARU - Ribuan bebek Peking milik kelompok masyarakat (Pokmas) Berkah Bersama Kemuning dipanen di area peternakan RT 24 Guntung Pinang, Kemuning Jumat (15/09).

Berat perekornya rata - rata 1,3 Kg. Tujuan distribusinya ke rumah makan, resto, dan UMKM di wilayah Banjarbaru dan sekitarnya.

Panen ini merupakan keberhasilan dari Program RT mandiri yang di gagas Wali Kota Banjarbaru M. Aditya Mufti Ariffin. 

Ketua Pokmas Berkah Bersama Kemuning, Muhammad Hidayat mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Banjarbaru atas Program RT Mandiri ini.

“Dengan dukungan dari Pemkot, ternak yang sebelumnya berskala kecil kini berkembang menjadi besar," katanya. 

Lebih lanjut, Hidayat bilang bebek dengan jenis Peking ini berhasil dikembangbiakan dari 2000 bibit dengan tingkat keberhasilan hidup sebesar 95 persen. 

"Bebek yang dipanen hari ini sekitar 1000 ekor. Ke depan, Pokmas akan terus mengembangkan hasil produksi bebek, pun dengan peningkatan beratnya."

Sementara itu, sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan panen ribuan bebek ini, Wali Kota Aditya hadir langsung di panen raya. 

"Alhamdulillah program RT Mandiri yang telah berjalan berapa tahun kebelakang terus menuai hasil yang jelas, salah satunya Pokmas Berkah Bersama Kemuning ini," kata Aditya. 

Program ini di klaimnya secara perlahan, namun pasti berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Ia juga memberi masukan kepada Pokmas Berkah Bersama Kemuning untuk meningkatkan kualitas hasil produksi, yang tak hanya menjadi produk mentah, namun juga produk jadi siap jual.

"Dengan begitu, akan lebih banyak lagi masyarakat yang terlibat dan ikut merasakan manfaat dari program RT Mandiri," ujarnya.

Aditya memastikan jika setiap SKPD di lingkup Pemkot Banjarbaru akan memberikan dukungan sesuai keperluan dari setiap Pokmas program RT Mandiri.

"Terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat atas kerja kerasnya dalam mengembangkan bantuan, sehingga tak hanya sekadar seremoni belaka," tuntasnya. 

Editor
Komentar
Banner
Banner