Konflik Israel Palestina

Presiden Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Warga Palestina di Gaza

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan dari Pemerintah RI untuk warga Palestina di Gaza.

Featured-Image
Presiden Jokowi beri bantuan ke Palestina. Foto: antara

bakabar.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan dari Pemerintah RI untuk warga Palestina di Gaza, antara lain berupa alat kesehatan dan makanan seberat total 51,5 ton.

"Alhamdulillah bantuan Indonesia untuk Palestina akan segera diberangkatkan menuju Bandara El Arish Mesir dan diteruskan ke Gaza," kata Jokowi saat agenda pelepasan pengiriman bantuan di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta Timur di Jakarta, Sabtu (4/11). Seperti dinukil antara.

Ia mengatakan bantuan berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang logistik lainnya seberat total 51,5 ton itu merupakan tahap pertama bantuan yang dikirim Pemerintah RI ke Gaza.

Baca Juga: Jokowi Ajak Dunia Selesaikan Masalah Palestina

Ia mengatakan bantuan itu diangkut menggunakan tiga pesawat, meliputi dua pesawat C-130 Hercules bernomor ekor A-1327 dan A-1328 berasal dari Skadron Udara 31 dan Skadron Udara 32 TNI AU, serta satu pesawat sewa Boing 737 Garuda Indonesia.

Dia mengatakan bantuan tersebut bukan hanya dari Pemerintah RI, tetapi juga masyarakat dunia usaha yang disalurkan melalui lembaga kemanusiaan, seperti Baznas, PMI, dan Kita Bisa.

"Ini merupakan wujud solidaritas Indonesia, wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan, karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima harus sesegera mungkin dihentikan," katanya.

Pada kesempatan itu, Jokowi menekankan kembali bahwa Indonesia akan terus bersama dalam perjuangan Bangsa Palestina.

Baca Juga: 4.700 Jiwa Melayang Akibat Korban Perang Israel-Palestina

Pelepasan pengiriman bantuan disaksikan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun.

Turut mendampingi Presiden Jokowi, antara lain Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Yudo Margono, dan KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Editor
Komentar
Banner
Banner