Kalsel

Poktan Budi Bakti HSS Miliki Gudang Beras Organik Terbaik se-Kalsel

apahabar.com, KANDANGAN – Kelompok Tani (Poktan) Budi Bakti, kini memiliki gudang beras sendiri untuk menampung hasil…

Featured-Image
Gudang Beras Poktan Budi Bakti Gambah Dalam Barat, Kecamatan Kandangan, Kabupaten HSS diresmikan. Foto-Ahc27

bakabar.com, KANDANGAN – Kelompok Tani (Poktan) Budi Bakti, kini memiliki gudang beras sendiri untuk menampung hasil panen beras organik produksi.

Gudang beras itu, baru dibangunkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) tahun ini.

Baru diresmikan Kamis (1/10) kemarin, ditandai dengan pemotongan untaian janur dan penandatanganan prasasti oleh Bupati HSS Achmad Fikry.

Gudang Beras Poktan Budi Bakti, berlokasi di area persawahan Jalan Neng Suriang Pati, Desa Gambah Dalam Barat, Kecamatan Kandangan, Kabupaten HSS.

Sebanyak 47 orang petani anggota Poktan Budi Bakti, akan bisa memanfaatkan gudang beras itu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten HSS Akhmad Mawardi mengungkapkan, menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel yang sebelumnya melakukan peninjauan, Gudang Beras Poktan Budi Bakti merupakan yang terbaik se-Kalsel.

Indikator terbaik itu, ungkapnya, ukurannya cukup luas, persyaratan kondisi lokasi pembangunan memenuhi standar, serta fasilitas memenuhi standar.

“Seperti plafon berbahan seng agar menghindari tikus. Serta, secara bentuk seninya juga berbeda dari bangunan lainnya,” tambahnya.

Akhmad Mawardi menjelaskan, Gudang Beras Poktan Budi Bakti dibangun dengan biaya sebesar Rp 178.664.000.

Dana bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten HSS Tahun 2020, dengan program ketersediaan dan distribusi pangan.

Batas proses pengerjaan selama 90 hari, yang dimulai 30 Maret 2020. Namun sudah selesai 27 Juli 2020 lalu.

“Alhamdulillah, proses pengerjaan memakan waktu cepat dan telah selesai sebelum habis masa waktu kontak,” tutur Mawardi.

Pembangunan gudang beras itu terangnya, bertujuan mendukung memandirikan Poktan. Khususnya kegiatan pasca-panen beras organik, yang diproduksi oleh Poktan Budi Bakti Gambah Dalam Barat.

Bupati HSS Achmad Fikry berharap, bangunan yang telah diresmikan itu dapat bermanfaat. Ia berpesan, Poktan Budi Bakti dan masyarakat Gambah Dalam Barat, bisa memanfaatkan sebaik-baiknya.

Pengurus Poktan Budi Bakti, Budi Sucipto mengucapkan terimakasih, kepada Pemkab HSS yang membangunkan gudang beras itu. Pihaknya, akan memanfaatkan sebaik-baiknya bangunan itu.



Komentar
Banner
Banner