Hot Borneo

Pohon Tumbang di Dekat Jembatan Barito, Lalu Lintas Jalan Trans Kalimantan Sempat Terhenti

Akibat usia dan penyebab lain, sebuah pohon besar tumbang di Jalan Trans Kalimantan, tepatnya sebelum Jembatan Barito dari sisi Anjir Muara, Sabtu (12/11) siang

Featured-Image
Pohon tumbang melintang di Jalan Trans Kalimantan, tepatnya di kawasan Anjir Muara, Sabtu (12/11). Foto: Relawan

bakabar.com, MARABAHAN - Akibat usia dan penyebab lain, sebuah pohon besar tumbang di Jalan Trans Kalimantan, tepatnya sebelum Jembatan Barito dari sisi Anjir Muara, Sabtu (12/11) siang.

Akibat kejadian tersebut, pohon pun melintang di badan jalan dan membuat arus lalu lintas terhenti total selama sekitar 30 menit.

Tidak lama berselang, petugas dari Satlantas Polres Barito Kuala (Batola) tiba di lokasi. Sementara warga sekitar mulai bergotong-royong memotong pohon yang melintang.

"Pohon yang tumbang menutup semua badan jalan. Kemudian bersama masyarakat sekitar, pohon dipotong dan dikeluarkan dari badan jalan," papar Kasat Lantas Polres Batola Iptu Royke Noldy Darean.

"Selama proses pemotongan, kami memberlakukan buka tutup jalan selama sekitar 1 atau 2 menit agar lalu lintas dari Kalimantan Tengah ke Kalimantan Selatan atau sebaliknya tetap lancar," imbuhnya.

Sekitar 15 menit, proses pemotongan pohon selesai. Setelah sisa-sisa pohon dikeluarkan dari bahu jalan, lalu lintas kembali normal.

Sementara berdasarkan penuturan warga sekitar bernama Anang, pohon tersebut memang sudah terlihat miring dalam beberapa bulan terakhir.

"Sebelumnya pohon tersebut sudah dua kali ditabrak truk kontainer. Kemudian ditambah angin kencang beberapa kali, akhirnya pohon itu tumbang juga," jelas Anang.

"Awalnya pohon dipotong dengan peralatan seadanya seperti parang dan gergaji tangan. Kemudian datang warga yang membawa chainsaw," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner