Hot Borneo

PLN UIP Kalbagtim Lanjutkan Bangun SUTT di Kotabaru, Kabinda Kalsel: Untuk Menunjang IKN

apahabar.com, KOTABARU – PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP Kalbagtim) terus…

Featured-Image
Program kelistrikan nasional di Kotabaru berjalan untuk menunjang Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur. Foto-apahabar.com/Istimewa

bakabar.com, KOTABARU – PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP Kalbagtim) terus melanjutkan pembangunan tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) di Desa Selaru, Kecamatan Pulau Laut Tengah, Kotabaru. Itu untuk Program Kelistrikan Nasional.

Program itu praktis menjadi perhatian serius Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Kalimantan Selatan (Kabinda Kalsel), Brigjen Pol Heri Armanto. Ia pun secara langsung telah melakukan peninjauan ke Kotabaru, Selasa (22/2) kemarin.

“Kita harapkan Program Kelistrikan Nasional ini dapat menunjang sistem kelistrikan sebagai bagian dari persiapan Ibu Kota Negara [IKN] Nusantara di Kalimantan,” ucap Kabinda Kalsel, kepada bakabar.com, Rabu (23/2) pagi.

Kabinda Kalsel mengemukakan, pihaknya memberikan perhatian kepada program kelistrikan tersebut lantaran sebelumnya menemui kendala dalam hal proses pembebasan lahannya.

“Jadi, BIN Daerah Kalsel memberikan perhatian kepada program ini karena sebelumnya sempat terkendala permasalahan lahan tempat pembangunan, di mana masyarakat yang mengelola lahan pada beberapa titik menginginkan penggantian tanam tumbuh yang sesuai, sementara status lahan tersebut adalah milik PT Inhutani II,” terang Heri.

Heri menambahkan, program kelistrikan nasional ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat di Kalsel, khususnya di Kabupaten Kotabaru atau Bumi Sa Ijaan dan untuk menunjang IKN Nusantara.

“Kita melakukan pendampingan ke PT PLN UIP Kalbagtim dalam program ini sebagai salah satu PSN di bidang kelistrikan, dengan harapan dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat di Kotabaru,” kata Heri.

Sementara itu, Manajer PT PLN UIP Kalbagtim, Arie Nugroho juga menyampaikan harapannya agar pembangunan tower tersebut dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

“Dengan adanya pembangunan ini, kita harapkan keandalan sistem kelistrikan kita di Kalimantan nantinya semakin mantap. Sehingga dapat berimbas positif bagi perekonomian masyarakat, termasuk di Kotabaru,” harap Arie.

Arie bilang, PT PLN berkomitmen memberikan pelayanan kelistrikan kepada masyarakat secara maksimal.

“Kami mengapresiasi dukungan masyarakat, khususnya para penggarap lahan yang telah mempermudah proses pengadaan lahan untuk pembangunan tapak tower di Kotabaru ini,” pungkas Arie.

Komentar
Banner
Banner