Borneo Hits

Pleno Tingkat Kabupaten Rampung, Partisipasi Pemilu di Tapin Capai 90 Persen

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapin rampung menggelar Rapat Pleno hasil Pemilu 2024 ditingkat Kabupaten dengan berjalan lancar tanpa gugatan.

Featured-Image
Sisi foto bersama KPU Tapin dengan Bawaslu dan saksi partai politik usai gelar Pleno di tingkat Kabupaten. Foto - bakabar.com/Sandy

bakabar.com, RANTAU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tapin sudah menyelesaikan rapat pleno hasil Pemilu 2024 tingkat kabupaten dengan lancar tanpa gugatan, Sabtu (2/3).

Ketua KPU Tapin, Fakhrian Noor, menjelaskan proses rekapitulasi dapat tervalidasi yang dibuktikan dengan salinan C hasil. Semua partai politik juga menerima hasil penghitungan.

Sementara partisipasi masyarakat Tapin di Pemilu 2024 juga mengalami peningkatan dibanding Pemilu 2019.

"Partisipasi di Pemilu 2024 mengalami peningkatan, karena menyentuh 182.282 atau setara 90,3 persen dari 142.477 DPT. Ini juga berkat partisipasi pemerintah daerah dan kesadaran masyarakat," papar Fakhrian.

Sementara Ketua Bawaslu Tapin, Abid Fikasi Gulo, juga menyampaikan pelaksanaan pemungutan suara hingga rekapitulasi tingkat kabupaten berjalan lancar.

"Namun terdapat sedikit catatan khusus di tingkat kecamatan yang harus diselesaikan di tingkat kabupaten, setelah membuka C hasil dan C pleno," papar Abid.

"Kesalahan yang ditemukan bukan selisih penghitungan suara. Semuanya hanya salah input, sehingga bisa dikembalikan seusai perbaikan," pungkasnya.

 Tahapan selanjutnya adalah rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat provinsi yang berlangsung 6 hingga 11 Maret 2024.

Editor
Komentar
Banner
Banner