Drone Pemantau Sampah Jakarta

Pj Gubernur Siapkan Drone Pantau Sampah Ada di Titik Keramaian

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan bahwa drone pemantau pembuang sampah sembarangan akan disiapkan pada titik keramaian, seperti GBK

Featured-Image
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Sekretariat Presiden)

bakabar.com, JAKARTA –Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan bahwa drone pemantau pembuang sampah sembarangan akan disiapkan pada titik-titik keramaian, seperti Gelora Bung Karno (GBK).

"Mungkin di titik tertentu berpindah-pindah. Kalau ada keramaian tertentu, misalnya di GBK, itu juga kita edukasi," kata Heru Budi dilansir Detik.com, Minggu (20/11).

Menurutnya, penggunaan drone tersebut, sebagai bentuk motivasi terhadap masyarakat untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, terutama ketika berada di tengah kerumunan.

"Dinas Lingkungan Hidup dan juga dengan Satpol PP ini hanya untuk memberikan motivasi ke masyarakat Contohnya, kegiatan keramaian acara Electric Vehicle Funday saat ini, melalui, drone yang kita punya, kita awasi, kemudian diberikan edukasi kira-kira gitu," ucapnya.

Baca Juga: Ingat! Drone Pemantau Siap Tangkap yang Buang Sampah Sembarangan

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menggunakan drone untuk memantau masyarakat yang melanggar aturan membuang sampah sembarangan.

Penggunaan drone tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Pada arahan tersebut, Heru meminta drone ditempatkan di sejumlah ruang publik.

"Bisa tidak kita pakai drone di titik tempat yang biasa orang makan terus buang sampah sembarangan. Kan itu ada di Bundaran HI, terus dekat Semanggi, lalu belokan yang mau ke Kota Kasablanka," kata Heru Budi saat memberi arahan kepada jajaran Pemprov DKI di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (18/10).

Baca Juga: Pj Gubernur DKI Angkat Tuhiyat sebagai Orang Nomor Satu di MRT Jakarta

Pemprov DKI dapat menerapkan sanksi sosial berupa memposting video yang diambil memakai drone melalui media sosial. Selain memberikan efek jera, menurut Heru, cara ini bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat.

"Ambil pakai drone siapa yang buang sampah sembarangan, kemudian bisa diimbau ditanyakan di YouTube kita untuk tidak membuang sampah sembarangan karena ini contoh tidak baik," ujarnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner