Pemkab HSS

Pj Bupati HSS Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa

Pj Bupati HSS Hermansyah membuka kegiatan Bimtek peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa se-Kabupaten HSS di Hotel Grand Qin Banjarbaru, Kamis (25/04).

Featured-Image
Bimtek aparatur pemerintahan desa se Kabupaten HSS. Foto-Kominfo HSS

bakabar.com, KANDANGAN - Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Hermansyah membuka kegiatan Bimtek peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa se-Kabupaten HSS di Hotel Grand Qin Banjarbaru, Kamis (25/04).

Bimtek ini digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pelaksanaan transaksi non tunai.

Pj Bupati HSS Hermansyah mengatakan adanya bimtek diharapkan progres pelaksanaan kegiatan pembangunan di desa bisa semakin baik dan bisa menjalankan tugas-tugasnya.

"Karena pengelolaan keuangan sangat terkait dengan akuntabilitas dan kita harapkan dengan adanya pelatihan seperti ini, akuntabilitasnya semakin meningkat sehingga nanti pada saat mungkin ada pemeriksaan dan sebagainya akan lebih mudah," kata Pj Hermansyah.

Selain itu, adanya kerjasama dengan Bank Kalsel diharapkan penyerapan-penyerapan anggaran dan dana non tunai bisa semakin baik sehingga sarana dan prasarana yang dibutuhkan juga bisa selalu disiapkan.

Kepala Dinas PMD HSS Susilo Adianto mengatakan pemerintah desa sebagai lingkup pemerintahan terkecil dan ujung tombak dalam sistem pemerintahan daerah berhubungan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Tentu menjadi fokus bagi kita bersama dalam rangka terus membenahi, dan meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya termasuk para perangkat desa khususnya dalam pengelolaan keuangan desa," ucapnya.

Sementara untuk peserta bimtek terdiri dari perangkat desa yang terlibat langsung dalam pengelolaan keuangan desa baik sebagai maker maupun checker.

"Pelaksanaan bimtek ini dilaksanakan sejak tanggal 24 hingga 27 April 2024 di Ballroom Hotel Grand Qin," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner