Nasional

Pimpin Upacara Penurunan Bendera, Jokowi Tak Lagi Pakai Baju Adat

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak lagi memakai baju adat saat memimpin upacara penurunan…

Featured-Image
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto-Net

bakabar.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak lagi memakai baju adat saat memimpin upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka.

Upacara disiarkan secara langasung lewat YouTube Sekretariat Presiden, Selasa seperti dilansir detik.com, Selasa (17/8). Jokowi kali ini tampak memakai jas, peci, dan tetap memakai masker.

Presiden Jokowi tampak didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin, ada juga Iriana Jokowi dan Wury Ma’ruf Amin. Para peserta dan petugas upacara juga memberikan hormat ke Jokowi saat memasuki tempat upacara.

Komandan upacara sore ini adalah Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi melapor ke Jokowi sebagai inspektur upacara. Jokowi memerintahkan agar upacara penurunan dilanjutkan.

“Lapor, upacara penurunan Sang Merah Putih siap dimulai,” kata Kolonel Faisol.

“Laksanakan,” jawab Jokowi.

Tim Paskibraka yang bertugas saat upacara penurunan bendera diberi nama Tim Indonesia Tumbuh. Berikut nama-nama anggotanya:
1. M Bimantara Widyanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sumatra Barat
2. Haafiz Habibullah sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Timur
3. Zaidaan Kamal Anwar sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Penurunan bendera diiringi lagu ‘Indonesia Raya’. Peserta yang hadir juga melakukan sikap hormat saat bendera diturunkan.

Sementara itu, Qyara Maharani Putri dari Provinsi Jawa Barat percaya sebagai pembawa bendera Merah Putih saat diturunkan nanti. Kemudian Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya akan kembali bertindak sebagai Perwira Upacara sore ini.

Sebelum upacara penurunan bendera, berbagai hiburan ditampilkan. Salah satunya, musisi Tanah Air Andmesh Kamaleng, Rinni Wulandari, Rizki Febian dan jug beberpa tarian daerah Indonesia.



Komentar
Banner
Banner