Nasional

Pilwali Banjarbaru 2024, Petahana hingga Legislator Siap Maju 

Sejumlah nama mencuat di bursa pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru pada Pemilu 2024.

Featured-Image
Sejumlah nama mencuat menjelang Pilwali Banjarbaru. Foto-Ist

bakabar.com, BANJARBARU - Sejumlah nama mencuat di bursa pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru pada Pemilu 2024. Dari petahana, legislator hingga anggota organisasi perempuan siap bertarung merebut simpati masyarakat. 

Salah satu nama yang dipastikan bakal maju adalah  politisi muda Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nurkhalis Anshari. Anggota Komisi III DPRD Banjarbaru itu mengatakan jika keikutsertaannya dalam konstelasi Pilwali Banjarbaru 2024 merupakan dorongan dari berbagai lapisan masyarakat.

"Sejauh ini dari PKS secara informal sudah menyampaikan dukungan. Ada juga permintaan dari kader dan simpatisan," ungkap Khalis kepada media ini, Sabtu (11/11). 

Selain itu, dia mengklaim mendapat dukungan dari pengusaha, termasuk dari sesama politisi. Ke depan, Khalis berencana akan mendengarkan aspirasi masyarakat secara langsung demi memutuskan langkah yang dia ambil selanjutnya. 

"Karena ini keputusan besar. Keputusan ini bukan hanya milik saya, tetapi juga milik seluruh warga kita. Jadi sekarang saya akan berupaya untuk memahami kebutuhan dan harapan masyarakat kita dengan langsung mendengarkan segala aspirasinya," ucapnya. 

"Saya meyakini bahwa kepemimpinan yang kuat berasal dari dukungan masyarakat, dan saya berkomitmen untuk selalu mendengarkan dan berkolaborasi dengan seluruh warga kota dalam upaya memajukan kota kita," sambungnya.

Baca Juga: Laka Maut Avanza vs Sigra di Muara Kintap Tala, Wakapolsek Pulau Laut Timur Kotabaru Tewas

Kandidat lainnya yang akan meramaikan pesta demokrasi lima tahunan ini adalah Wartono. Ya, dia adalah sang petahana yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Banjarbaru. 

Namun, Ketua PDIP Banjarbaru itu belum membocorkan pada posisi apa dia akan maju. Untuk calon pasangannya pun dia belum memberikan kisi-kisi. 

"Kita lihat hasil Pileg saja dulu berapa perolehan kursi yang didapat. Baru kita bisa bicara berpasangan dengan siapa," jelasnya.

Karena itulah, mantan Wakil Ketua DPRD Kota Banjarbaru periode 2014–2019 itu memasang target bahwa PDI-P di Banjarbaru, minimal bisa meraih lima kursi legislatif.

"Jika hasil Pileg sudah kelihatan, kita bisa memikirkan langkah seperti apa yang diambil kedepan," ucapnya.

Baca Juga: Polemik Berakhir, Keputusan Juara Festemo Tingkat SMP se-HST Resmi Berubah

Kemudian ada perwakilan wanita yang juga siap maju yakni Yuti Mahrita yang kini menjabat sebagai Ketua DPD Perempuan Indonesia Raya (Pira) Kalsel, Partai Gerindra.

Dia mengklaim mendapatkan restu dan dukungan dari Ketua Umum PP Pira dan Ketua DPD Gerindra Kalsel.

"Internal kami sudah deklarasi untuk maju Pilwali  Banjarbaru 2024, dan saya sudah siap 100 persen," tegasnya. 

Nama terakhir adalah Rifqi Maulana Mansyur, yang saat ini menjabat sebagai Ketua BPC Hipmi Kabupaten Banjar. Dia memutuskan maju sebagai peserta Pilwali Banjarbaru 2024 karena ingin mengabdikan diri kepada daerah.

"Untuk sementara insyaallah, tapi belum bisa memastikan, karena politik bisa saja berubah di menit akhir," tukasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner