Destinasi Wisata

Pilihan Destinasi Wisata Akhir Tahun di Jakarta

Memasuki liburan akhir tahun tidak perlu jauh-jauh liburan ke luar kota. Di Jakarta sudah banyak pilihan destinasi wisata akhir tahun.

Featured-Image
Beberapa pilihan destinasi wisata akhir tahun.

bakabar.com, JAKARTA – Memasuki liburan akhir tahun tidak perlu jauh-jauh liburan ke luar kota, di Jakarta sudah banyak pilihan destinasi wisata akhir tahun.

Berikut rekomendasi tiga tempat wisata yang sudah terkenal selama puluhan tahun di Jakarta:

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMII menjadi destinasi wisata akhir tahun.
TMII menjadi destinasi wisata akhir tahun.

TMII telah dilakukan revitalisasi hingga saat ini memiliki wajah baru sejak 1 September 2023. Terdapat beberapa fasilitas-fasilitas baru sejak revitalisasi yang dapat dinikmati oleh seluruh pengunjung TMII.

Tempat wisata ini berlokasi di Jl. Taman Mini Indonesia Indah, Ceger, Jakarta Timur. Pengunjung yang ingin berlibur ke TMII, disarankan untuk membeli tiket masuk di website tiket.tamanmini.com.

Tiket masuk per orangnya dikenakan biaya 25.000 dimulai dari usia 2 tahun ke atas. Setiap kendaraan juga dikenakan biaya, pengguna mobil di harga Rp35.000, motor Rp15.000, sepeda Rp10.000, dan bus atau truk Rp60.000.

Jam operasional TMII dimualai dari pukul 06.00-20.00 WIB. Pengunjung dapat berkreasi sambil belajar karena TMII menjadi pusat kegiatan budaya, pameran, hingga menjadi warisan budaya yang penting bagi Indonesia.

Terdapat beberapa wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung, seperti Keong Mas, Kereta Gantung, Taman Burung, Dancing Fountain, Anjungan Daerah dan masih banyak lagi.

TMII juga memiliki beberapa fasilitas baru sejak di revitalisasi, fasilitasnya adalah:

- Area Piknik

TMII menyediakan berbagai taman terbuka hijau yang dapat digunakan untuk berpiknik.

- Kursi Roda

Fasilitas disabelitas seperti kursi roda juga disediakan untuk membantu mobilitas pengunjung.  

- Toilet

Semakin banyak toilet yang tersedia di TMII, seperti di tiap Anjungan Daerah, Museum, dan sekitar parkir.

- Angling Umum

Salah satu inovasi dari wajah baru TMII adalah Angling atau Angkutan Keliling. Fasilitas Angling diprioritaskan untuk lansia, ibu hamil, ibu membawa anak, dan penyandang disabilitas.

- Masjid atau mushola

Ruang ibadah umat islam diperbanyak, tersedia di setiap Anjungan Daerah, Museum, dan area parkir.

Taman Margasatwa Ragunan

Taman Margasatwa Ragunan menjadi destinasi wisata akhir tahun.
Taman Margasatwa Ragunan menjadi destinasi wisata akhir tahun.

Destinasi kedua adalah Taman Margasatwa Ragunan yang merupakan hutan tropis mini untuk konservasi satwa dengan luas 147 hektar.

Taman wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Tempatnya yang strategis yaitu berada di daerah Pasar Minggu, serta banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan oleh keluarga saat berkunjung.

Sebelum berkunjung ke Ragunan, pengunjung dapat membeli tiket secara online di aplikasi Taman Margasatwa Ragunan atau membeli secara offline.

Tarif masuk pengunjung untuk anak-anak di harga Rp3.000/orang, dan Rp4.000/orang untuk dewasa. Pembelian tiket secara online dapat melalui JakOne Mobile, JakOne Pay, dan QRIS.

Sementara untuk pembelian tiket offline harus menggunakan kartu JakCard. Saldo JakCard dapat diisi ulang di loket Ragunan dan satu kartu dapat digunakan untuk rombongan.

Selain melihat-lihat satwa, terdapat banyak sekali sarana rekreasi yang dapat dinikmati. Pengunjung dapat menunggangi beberapa satwa seperti gajah, onta, dan kuda.

Pengunjung dapat berjalan-jalan di Pusat Primata Schmutzer yang merupakan pusat primata dengan berbagai jenis. Namun terdapat tarif khusus untuk masuk ke Pusat Primata ini, dikenakan Rp6.000/orang untuk hari Selasa-Jumat dan Rp7.500/orang di hari Sabtu, Minggu atau libur nasional.

Dufan Ancol

Dufan menjadi pilihan destinasi wisata akhir tahun.
Dufan menjadi pilihan destinasi wisata akhir tahun.

Berbeda dengan dua destinasi sebelumnya, destinasi ketiga merupakan tempat rekreasi yang memacu adrenalin.

Dunia Fantasia atau Dufan merupakan pusat hiburan bertema outdoor yang memanjakan pengunjung melalui berbagai wahana permainan ekstrem.

Berlokasi di Jl. Lodan Timur, Ancol, Jakarta Utara. Dufan memiliki wahana baru yang baru beroperasi pada April 2023, seperti Mowgli’s Jungle Race 4D Simulator, Baling-Baling, Kereta Misteri, dan Rumah Riana.

Pengunjung dapat memilih beberapa tipe tiket Dufan. Untuk tiket reguler saat weekday di harga Rp250.000, dan Rp275.000 di weekend, harga sudah termasuk tiket masuk ancol. Terdapat pula tiket fasttrax di harga Rp300.000 di weekday dan Rp375.000 di weekend.

Tidak perlu khawatir saat berlibur ke Dufan, karena terdapat beberapa fasilitas umum yang dapat digunakan. Seperti Free wifi, charger point, toilet, baby care room, mushola, P3K, dan ambulance.

Editor
Komentar
Banner
Banner