Sport

Piala Dunia U-17 Batal di Peru, Apakah Dipindah ke Indonesia?

Atas alasan tidak siap, FIFA resmi mencabut status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Apakah mungkin event ini bisa dipindah ke Indonesia?

Featured-Image
Perwakilan FIFA melakukan inspeksi di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, beberapa hari sebelum Piala Dunia U-23 batal digelar di Indonesia. Foto: Antara

bakabar.com, BANJARMASIN - Atas alasan tidak siap, FIFA resmi mencabut status Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Apakah mungkin event ini bisa dipindah ke Indonesia?

Keputusan itu disampaikan FIFA lewat website resmi, Senin (3/4) malam. Adapun Piala Dunia U-17 2023 berlangsung 10 November hingga 2 Desember 2023.

Sementara tuan rumah pengganti Peru, bakal diumumkan langsung oleh FIFA dalam waktu dekat.

"FIFA dengan menyesal telah mencabut hak tuan rumah Peru untuk Piala Dunia U-17 2023, setelah diskusi ekstensif dengan Federasi Sepak Bola Peru (FPF)," tulis FIFA.

"Turnamen tetap dijadwalkan berlangsung 10 November hingga 2 Desember 2023. Namun Dewan FIFA akan menunjuk tuan rumah baru dalam waktu segera," tambah penjelasan itu.

Penyebab pencabutan itu adalah Peru tidak mampu memenuhi komitmen untuk menyiapkan infrastruktur sesuai standar, hingga batas waktu yang ditentukan.

Terlebih negara di Amerika Selatan tersebut baru saja terkena gempa besar yang terjadi 19 Maret 2023 lalu. Hal ini membuat bangunan, termasuk stadion yang sudah disiapkan rusak berat.

Baca Juga: BREAKING! FIFA Resmi Batalkan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Baca Juga: Piala Dunia U-20 di Indonesia Batal, Potensi Pendapatan Rp3,7 Triliun Lenyap!

Pemerintah Peru pun lebih mengutamakan keselamatan warga dibanding mengeluarkan uang lebih banyak lagi untuk memperbaiki infrastruktur Piala Dunia U-17 2023.

Pencabutan Peru seharusnya bisa dimanfaatkan Indonesia. Sebelumnya FIFA juga mencabut status Indonesia sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20 2023.

Pembatalan itu disinyalir sebagai imbas penolakan terhadap keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023. Terlebih Piala Dunia U-17 2023 sudah pasti tidak diikuti Timnas Israel.

Israel sendiri tersingkir dari elite round Grup I kualifikasi Piala Eropa U-17 2023, setelah kalah 0-3 dari Serbia dalam pertandingan pamungkas yang berlangsung 28 Maret 2023.

Dengan hasil itu, Timnas Israel U-17 berada di dasar klasemen Grup I dengan 2 poin. Mereka terpaut 4 poin dari Serbia yang menduduki posisi pertama.

Selain ketiadaan Israel, sejumlah stadion di Tanah Air sudah inspeksi oleh FIFA ketika bersiap menyambut Piala Dunia U-20 2023.

Keenam stadion tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakabaring Palembang, Si Jalak Harupat Bandung, Manahan Solo, Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Kapten I Wayan Dipta Bali.

Mengingat Piala Dunia U-17 2023 bakal digelar mulai 10 November, berarti Indonesia masih memiliki waktu untuk memantapkan persiapan.

Baca Juga: Ragam Ungkapan Kekecewaan Pemain Timnas Usai Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Baca Juga: Tanggapan Jokowi Soal Piala Dunia U-20 Batal di Indonesia

Editor


Komentar
Banner
Banner