AHLAN QATAR

Piala Dunia 2022 Qatar Dipasok Ratusan Mobil Listrik, Hyundai - Kia Terbanyak

Qatar ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia netral karbon pertama dengan mengerahkan berbagai kendaraan listrik

Featured-Image
Mobil Listrik Qatar. Foto-Net

bakabar.com, BANJARMASIN - Piala Dunia 2022 di Qatar resmi dimulai pada Minggu 20 November 2022 lalu. Qatar ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia netral karbon pertama dengan mengerahkan berbagai kendaraan listrik.

Hyundai menjadi sponsor utama dalam Piala Dunia Qatar 2022 dengan memasok 10 bus listrik Hyundai Elec City untuk transportasi para atlet, staf, dan pelatih. Sebanyak 226 mobil listrik dan 10 bus listrik Hyundai untuk Piala Dunia Qatar 2022.

Dilansir dari Electrek.co, pabrikan asal Korea tersebut menyediakan kendaraan untuk para wasit, staf FIFA, dan para VIP yakni Hyundai Ioniq 5, Sonata HEV, Hyundai Tucson HEV, Kona HEV dan Genesis G80 EV.

KIA juga ikut menjadi sponsor utama pada Piala Dunia 2022. Terdapat 80 model mobil listrik seperti EV6 GT, Hyundai Sorento PHEV, dan Niro PHEV. KIA juga menyediakan mobil penumpang BBM, seperti Kia Carnival, Sportage, Sorento, dan Telluride.

Total 297 mobil mesin bensin disiapkan di Qatar. KIA pun menyediakan 70 unit bus khusus untuk penonton.

Perusahaan mobil listrik Cina, Yutong, ikut ambil bagian di Piala Dunia 2022 di Qatar dengan memasok 741 bus listrik untuk antar - jemput penonton ke stadion. Yutong bahkan melengkapi armada bus dengan lebih dari 200 personel operasi serta lebih dari 3.000 pengemudi.

Untuk mendukung mobil listrik sebagai kendaraan operasional resmi Piala Dunia Qatar 2022, FIFA menyediakan jaringan pengisian daya atau SPKLU 100 hingga 150 kW di tempat parkir mobil.

Editor


Komentar
Banner
Banner