tanah bumbu

Petugas Lakukan Tera Ulang Sejumlah Alat UTTP Puskesmas di Tanbu

apahabar.com, BATULICIN – Sejumlah alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya (UTTP) yang digunakan puskesmas di Kabupaten…

Featured-Image
Petugas melakukan tera ulang timbangan di Puskesmas Kusan Hulu, Tanah Bumbu. Foto-apahabar.com/Istimewa.

bakabar.com, BATULICIN - Sejumlah alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya (UTTP) yang digunakan puskesmas di Kabupaten Tanah Bumbu dilakukan tera dan tera ulang.

Peneraan alat UTTP tersebut untuk memastikan dan menjaga kevalidan alat kesehatan yang digunakan tersebut.

Kegiatan tera dan tera ulang dilakukan oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala DKUMP2 Tanah Bumbu, H Deny Hariyanto, mengatakan kegiatan penerapan tera ini adalah dalam rangka menjalin sinergitas metrologi dengan kesehatan.

"Kami telah menugaskan petugas tera/tera ulang untuk melakukan peneraan pada alat UTTP yang digunakan oleh puskesmas di Bumi Bersujud,” ungkap Deny, Selasa (15/2).

H Deny menuturkan kegiatan tera ini untuk menjadikan timbangan yang dipakai oleh petugas kesehatan di puskesmas maupun pustu di desa-desa dalam kondisi yang terakreditasi dan valid untuk digunakan dalam aktifitas kesehatan.

“Seperti melakukan penimbangan berat badan dari bayi sampai orang dewasa dan juga timbangan yang digunakan untuk penggunaan di apotik puskesmas,” ujarnya.

Kegiatan ini baru pertama kali dilakukan oleh petugas metrologi terhadap alat UTTP yang digunakan oleh tenaga kesehatan di Tanah Bumbu dan juga sebagai wujud nyata kontribusi DKUMP2 terhadap kesehatan masyarakat Tanah Bumbu.

“Kali ini tera pertama kita lakukan di puskesmas di Kecamatan Kusan Hulu,” tuturnya.

Deny menambahkan pihaknya akan melakukan tera di seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kegiatan tera ini akan kita laksanakan di 12 kecamatan di Tanah Bumbu secara bertahap,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner