Sport

Pertegas Pelaksanaan PON Papua, Jokowi Unggah Stadion Lukas Enembe

apahabar.com, JAKARTA – Setelah ditunda setahun, Presiden Joko Widodo ingin Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua…

Featured-Image
Foto unggahan Presiden Joko Widodo yang memperlihatkan tampak depan Stadion Lukas Enembe berlatar Pegunungan Cycloop. Foto-Instagram

bakabar.com, JAKARTA – Setelah ditunda setahun, Presiden Joko Widodo ingin Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua tetap berlangsung Oktober 2021.

Keinginan itu diwujudkan Presiden dengan mengunggah foto Stadion Lukas Enembe di Papua melalui akun Instagram pribadi, Senin (15/3).

Jokowi menggungah foto tersebut, setelah melakukan rapat terbatas di Istana Negara Jakarta, terkait pelaksanaan PON 2021.

“Beginilah wajah kompleks stadion olahraga di Papua yang dipersiapkan untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional,” demikian caption yang dibubuhkan Jokowi.

Dibangun menggunakan APBD 2017 hingga 2019 dengan biaya sebesar Rp1,392 triliun, Stadion Lukas Enembe memiliki lapangan sepakbola, venue aquatic, krcket dan hoki.

“Di sinilah pada 2 – 15 Oktober 2021 nanti, digelar PON XX, setelah sempat ditunda karena pandemi. Selain empat venue ini, ada tiga venue lain yang sedang dalam tahap penyelesaian yakni venue dayung, panahan, dan sepatu roda,” tambah Jokowi.

Sesuai hasil rapat terbatas itu, Presiden menginstruksikan kepada PB PON 2021 agar penyelenggaraan dipersiapkan dengan baik dan secermat mungkin.

“Salah satunya adalah vaksinasi Covid-19 bagi keseluruhan kontingen atlet dan perangkat penyelenggara dari seluruh provinsi sebelum PON berlangsung,” tegas Jokowi.

Pelaksaan PON di Bumi Cenderawasih sedianya berlangsung 20 Oktober hingga 2 November 2020, ditunda akibat pandemi Covid-19.

Selanjutnya dengan harapan penyebaran Covid-19 berkurang, PON dijadwal ulang menjadi 2 hingga 15 Oktober 2021.



Komentar
Banner
Banner