Kasus Cacar Monyet

Pertama di Bogor, Satu Warga Parung Panjang Terpapar Monkeypox

Satu warga Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor terpapar Monkeypox atau yang dikenal cacar monyet.

Featured-Image
Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, memberikan keterangan kasus pertama monkeypox di wilayah Kecamatan Parung Panjang, Rabu (22/11). Foto: apahabar.com/Zaenal

bakabar.com, BOGOR - Satu warga Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor terpapar Monkeypox atau yang dikenal cacar monyet.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina membenarkan bahwa  salah satu warganya positif Cacar monyet merupakan warga Parung Panjang.

"Yang bersangkutan langsung ditindaklanjuti, dan sudah disurvei bahkan pasien sedang isolasi mandiri," kata Mike kepada wartawan ketika menghadiri kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN), Rabu (22/11).

Baca Juga: Pria di Kota Bekasi Positif Cacar Monyet, Dinkes: Langsung Diisolasi

Mike menjelaskan, warga yang terkonfirmasi positif cacar monyet berjenis kelamin laki-laki dan terpapar saat kerja di wilayah Tangerang.

"Pasien kerjanya di Tangerang Selatan tapi domisili di Kabupaten Bogor," ucapnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak merasa panik dan menjaga pola hidup bersih serta sehat (PHBS) agar terhindar dari cacar monyet.

"Jadi pasien tetap isolasi dulu sampai dia sembuh, dan jangan lupa masyarakat harus PHBS itu kunci utamanya," katanya.

Baca Juga: Warga Depok Positif Cacar Monyet, Begini Kata Dinkes..

Sebelumnya, Menkes Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, untuk saat ini kasus virus cacar monyet terus mengalami kenaikan kasus. Tercatat ada 34 orang terinfeksi di seluruh Indonesia.

"Kasus Monkeypox (cacar monyet) itu memang naik terus setiap harinya. Total ada 34 orang yang terinfeksi virus tersebut," kata Budi Gunadi saat ditemui di RSUD Kabupaten Tangerang, Rabu, (8/11).

Editor
Komentar
Banner
Banner