News

Persiapan Bulan Puasa, Kemendag Impor Gula Hingga Bawang Putih

Menghadapi bulan puasa yang tinggal menghitung hari, Kementerian Perdagangan mulai mengimpor beberapa komoditas.

Featured-Image
Kementerian Perdagangan akan mengimpor bawang putih sebagai persiapan menghadapi bulan puasa dan lebaran 2023. Foto: Channel 9

bakabar.com, JAKARTA - Menghadapi bulan puasa yang tinggal menghitung hari, Kementerian Perdagangan mulai mengimpor beberapa komoditas.

Di antararanya yang tercatat adalah gula, daging, beras, bawang putih, kedelai hingga DOC broiler untuk daging ayam guna memenuhi kebutuhan bahan pokok.

Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Kasan, menjelaskan telah mendapat surat Persetujuan Impor untuk beberapa komoditas itu.

"Beberapa komoditas dipasok dari impor seperti gula, daging, beras, bawang putih, kedelai dan DOC broiler untuk daging ayam," papar Kasan dikutip Antara, Rabu (22/2).

Adapun gula yang diimpor oleh Kementerian BUMN melalui Holding BUMN Pangan atau ID FOOD, sebanyak 237.575 ton. Ini masih ditambah impor 100 ribu ton daging sapi.

Sedangkan Bulog di akhir Februari 2023, mendatangkan beras impor dari Thailand sebanyak 13.500 ton. Dengan demikian, total stok yang tersedia di Bulog sekitar 20.000 ton.

Agar tidak sempat terjadi kekurangan stok, Kemendag mengklaim terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mempercepat pemasukan, produksi dan distribusi komoditas yang diimpor.

"Kondisi barang kebutuhan pokok relatif aman, baik dari segi harga maupun pasokan. Namun tetap harus dilakukan langkah-langkah antisipatif untuk menjaga pasokan bahan pokok ke masyarakat," tegas Kasan.

"Termasuk melakukan pengadaan dari luar negeri, khususnya menjelang periode bulan puasa dan lebaran 2023 yang biasanya memicu kenaikan permintaan," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner