Regional

Perpusda Magelang Bakal Dikembangkan, Nilainya Rp4,5 Miliar

Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Magelang bakal dikembangkan. Proyek itu direncanakan bernilai Rp4,5 miliar.

Featured-Image
Perpusda Kota Magelang. Foto: apahabar.com/arimbihp

Apahabar.com, MAGELANG - Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kota Magelang bakal dikembangkan dengan mini teater dan outdoor activity. Proyek itu direncanakan bernilai Rp4,5 miliar.

"Saat ini kita sedang membuat proposal. Target selesai proposalnya Desember," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Magelang, Nurwiyono Slamet Nugroho usai Hari Kunjung Perpustakaan, Selasa (12/9).

Menurut dia, usaha pengembangan tersebut dilakukan untuk melengkapi sarana penunjang sesuai dengan kebutuhan generasi muda. Penambahan fasilitas juga dilakukan agar pengunjung lebih nyaman.

"Jadi Perpusda bisa menjadi rumah kedua bagi masyarakat khususnya Kota Magelang," ujarnya.

Baca Juga: Ribuan Masyarakat Tidar Utara Magelang Terima Bantuan Cadangan Beras

Rencana pengembangan tersebut sudah diamini Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Perpusnas juga menyediakan anggaran sesuai kebutuhan Perpusda untuk pembangunan tersebut.

Dalam hal ini, Perpusda Kota Magelang direncanakan melakukan memerlukan perluasan dengan dana Rp4,5 miliar. Hal itu bisa diajukan melalui proposal tahun 2025.

"Jadi kami bisa melakukan persetujuan sekaligus mengekspansi layanan melalui mobil perpustakaan keliling dan pojok baca digital di ruang publik," bebernya.

Baca Juga: Event Moro Borobudur, Bukti Keunikan Magelang Bukan Hanya Candi

Selain peningkatan sarana dan prasarana Perpusda, pihaknya juga terus berinovasi untuk transformasi perpustakaan di setiap desa dan kelurahan. Harapannya, perpustakaan desa bisa menjadi ruang terbuka bagi masyarakat.

"Maka kami terus mendorong agar perpus bertransformasi dan berdampak signifikan bagi masyarakat," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner