News

Perluas Pelayanan Publik, Ganjar: Pemimpin Masa Kini Perlu Manfaatkan Medsos

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selama ini dikenal sebagai salah satu kepala daerah yang aktif menggunakan media sosial. Ia menilai pemimpin masa kini perlu

Featured-Image
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto-istimewa

bakabar.com, JAKARTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selama ini dikenal sebagai salah satu kepala daerah yang aktif menggunakan media sosial. Ia menilai pemimpin masa kini perlu menggunakan medsos untuk memperluas pelayanan publik agar dapat menjangkau lebih luas.

“Maka sebenarnya ketika masyarakat sudah bermigrasi ke dunia digital, ruang itu menjadi meeting point untuk kita bisa chit-chat, sehingga segala informasi bisa tersampaikan dengan baik,” katanya seperti dilansir Antara, Selasa (6/12).

Baca Juga: Peluang PAN Pasangkan Ganjar-Erick, Akademisi: Sudah Paling Rasional

Ganjar beranggapan dengan pengalamannya menggunakan medsos ruang komunikasi akan lebih efektif terbangun antara pemerintah dan rakyatnya. Hal itu disampaikannya pada Talkshow Indonesia Berkarya yang diselenggarakan oleh Google Indonesia di Jakarta.

Dengan menggunakan medsos, kata Ganjar, pemimpin masa kini perlu mengetahui kritik, keluhan, dan sebagainya melalui medsos. Dengan begitu, masyarakat akan lebih terbuka menyampaikannya di medsos.

"Saya merasa terbantu dan kemudian publik bisa komplain lebih gampang dan kemudian birokrasi merubah mindset, sehingga mereka (pemerintah) akan bisa melayani dengan cara yang lebih bagus," kata Ganjar menegaskan.

Baca Juga: Survei Indikator: Pertarungan Ganjar vs Puan, Siapa Capres PDIP?

Dengan semakin efektifnya pelayanan publik lewat medos, Ganjar menyebut pemimpin masa kini dapat merespons masyarakat secara cepat. Ganjar pun memiliki target tersendiri untuk merespons itu.

"Kalau saya, saya targetkan. Begitu ada komplain, maksimum 1x24 jam harus ada respon. Berubah itu cara berpikir mereka dalam pelayanan publik," kata Ganjar.

Lapak Ganjar untuk Usaha Mikro

Di samping itu, Ganjar mengatakan bahwa medsos juga bisa dimanfaatkan pemimpin masa kini untuk membantu rakyat sampai ke tingkat mikro. Ganjar pun mewujudkan hal tersebut melalui program Lapak Ganjar.

Melalui Lapak Ganjar, mantan anggota DPR RI itu mempromosikan barang atau jasa pelaku UMKM di medsos pribadinya. Dengan begitu, UMKM semakin berkembang dan penghasilannya juga turut bertambah.

Baca Juga: Erick Thohir Paling Diunggulkan Mendampingi Ganjar Pranowo

"Maka itu (Lapak Ganjar) sebenarnya ekstrakulikuler saya ketika kemudian mereka harus dicarikan cara baru, diberikan ruang baru, agar mereka kemudian bisa masuk ke ranah baru, yaitu dunia digital," ungkapnya.

Seperti diketahui, Ganjar dikenal sebagai pemimpin yang bergaya milenial karena kerap memanfaatkan Instagram, YouTube, hingga Twitter sebagai media komunikasi ke masyarakat. Ganjar juga kerap menyampaikan infomasi atau kebijakan pemerintah dengan bahasa dan cara yang sederhana.

Editor


Komentar
Banner
Banner