Hot Borneo

Perkuat Kompetensi, Puluhan Barista di Kapuas Diberi Pelatihan

Puluhan peserta ikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) pengolahan dan penyajian kopi (barista) 3 in 1 angkatan 6 di Kabupaten Kapuas, Kalteng, Sabtu (15/7/2023

Featured-Image
Anggota Komisi VII DPR RI, Mukhtarudin, bersama peserta diklat barista 3 In 1 di Kapuas. Foto: apahabar.com/Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Puluhan peserta mengikuti pendidikan dan pelatihan pengolahan dan penyajian kopi (barista) 3 in 1 di Kapuas, Sabtu (15/7).

Pelatihan yang sudah memasuki angkatan keenam ini diselenggarakan anggota Komisi VII DPR RI, Mukhtarudin, bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian.

Berlangsung di Hotel Permadani Kuala Kapuas, pelatihan diikuti 50 peserta dari pelaku atau pekerja Industri Kecil Menengah (IKM) kopi. Sebelumnya diklat serupa digelar di Palangka Raya dan Sampit.

"Alasan kami memilih barista adalah untuk mendorong perkembangan wirausaha kopi di Kapuas. Terlebih usaha kedai kopi di Kapuas mulai berkembang pesat," papar Mukhtarudin.

Menyikapi perkembangan yang terjadi, tinggal kesiapan sumber daya manusia untuk berusaha mandiri atau bekerja di kedai kopi.

"Melalui pelatihan yang diselenggarakan, kami juga mendorong masyarakat agar tidak selalu bergantung kepada pekerjaan formal seperti pegawai negeri atau perusahaan," tegas Mukhtarudin.

"Diharapkan terbuka lapangan pekerjaan baru, sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat. Kedepan tidak hanya barista, pelatihan keterampilan-keterampilan lain juga dapat dilaksanakan di Kapuas," pungkasnya

Editor


Komentar
Banner
Banner