Hot Borneo

Perkuat Ketahanan IKN, Lemhanas Banyak Gelar Pelatihan di Kalimantan

apahabar.com, BALIKPAPAN – Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) turut bergerak dalam mengawal dan mendukung pembangunan Ibu Kota…

Featured-Image
Gubernur Lemhanas (dua dari kanan) bersama Gubernur Kaltim (tiga dari kiri) saat konferensi pers dengan awak media. Foto-apahabar.com/Riyadi

bakabar.com, BALIKPAPAN - Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) turut bergerak dalam mengawal dan mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Salah satunya penguatan ketahanan nasional yang terus digencarkan.

Gubernur Lemhanas, Andi Widjajanto, mengatakan sejak dinyatakannya IKN dipindahkan ke Kaltim, dirinya mendapat instruksi dari Presiden untuk turut serta memperkuat ketahanan nasional di wilayah Kalimantan khususnya di IKN.

"IKN menjadi salah satu perhatian khusus ketika saya dilantik menjadi Gubernur Lemhanas oleh Presiden, adalah melakukan program-program untuk memperkuat ketahanan IKN, karena itu salah satu perubahan yang ada di Lemhanas untuk tahun ini," ujarnya usai membuka pelatihan di Hotel Platinum Balikpapan, Senin (20/6).

Untuk mewujudkan hal itu, pihaknya banyak melakukan kegiatan pelatihan di Kalimantan. Belum lama ini Lemhanas sudah menggelar sejumlah kegiatan untuk penguatan ketahanan nasional di Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Timur.

"Kami di tahun ini banyak melakukan kegiatan di Kalimantan, kami sudah ke Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan juga sudah dan sekarang ke Kalimantan Timur. Tapi kami akan berkali-kali lagi berkunjung ke Balikpapan terutama karena ada proses perpindahan IKN sampai tahun 2024," ungkapnya.

Ia berharap dalam kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap situasi politik global, dinamika yang terjadi secara global.

Sebab, menurutnya hal ini sangat penting diketahui lantaran peristiwa yang terjadi di dunia juga bisa berdampak bagi Indonesia khususnya di setiap daerah, tanpa terkecuali di Kaltim itu sendiri.

"Harapannya dari kegiatan ini sebagai penguatan kebangsaan, salah satu ciri khas dari Lemhanas adalah ketahanan nasional, mempekuat kesadaran geopolitik, kita tidak bisa lepas dari dinamika yang ada di global, jadi saya jelaskan pandemic global dan perang Rusia Ukraina. Jadi kesadaran geopolitik itu juga yang akan disampaikan kepada peserta pelatihan," tandasnya.

Gubernur Kaltim Berharap Kebersamaan Bangun IKN

Sementara itu, kegiatan pelatihan penguatan ketahanan nasional oleh Lemhanas yang digelar di Balikpapan diapresiasi Gubernur Kaltim, Isran Noor.

Isran Noor mengatakan melalui pelatihan ini, dia berharap sifat kesadaran dalam memelihara ideologi dan keanekaragaman di Kaltim bisa terwujud.

Termasuk dalam membentuk kebersamaan masyarakat di Kaltim dalam mengawal pembangunan IKN Nusantara.

"Saya menilainya ini sangat penting karena ini upaya dalam menjaga, mempertahankan dan mengembangkan sebuah kesadaran dan kebangsaan masyarakat kita dalam memlihara keutuhan ini, memelihara ideologi untuk diri kita sendiri, memelihara bagaimana keanekaragaman kita ini bisa terbangun dengan baik dan bisa diwujudkan untuk kepentingan masyarakat termasuk untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat," ungkapnya.

Isran mengatakan kebersamaan tersebut dibutuhkan dalam mengawal proses pembangunan di Kaltim. Sebab di Kaltim sendiri terdapat berbagai kelompok masyarakat maupun organisasi yang ada.

Sehingga kebersamaan membangun harus ditanamkan agar pembangunan yang diinginkan bisa terwujud.

"Kan kalau tidak ada kebersamaan, nggak ada pembangunan itu, kacau nanti, bisa ribut, bisa tidak tercapai itu pembangunannya. Apalagi wartawan, jangan gosok-gosok, tukang kipas. Penting itu wartawan, kalau yang hoaks-hoaks bukan wartawan," ujarnya.

Adanya kegiatan oleh Lemhanas ini sangat membantu program Pemerintah dalam mewujudkan sumber daya manusia yang memiliki jiwa kebangsaan tinggi serta ideologi yang baik.

"Saya merasa terbantu didalam membangun kebersamaan di Kaltim," pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner