Tak Berkategori

Peringati Sumpah Pemuda, Gabungan Komunitas Sepeda di Kalsel Tempuh 669 Kilometer Menuju Kaltim

apahabar.com, BANJARMASIN – Memperingati hari Sumpah Pemuda, berbagai anggota komunitas sepeda Kalsel menggelar touring bareng menuju…

Featured-Image
Pesepeda dari lintas komunitas di Kalsel menggelar tour ke Kaltim.Sumber: istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Memperingati hari Sumpah Pemuda, berbagai anggota komunitas sepeda Kalsel menggelar touring bareng menuju Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). 35 pesepeda ini menggunakan jenis road bike dan mulai berangkat pada Rabu (27/10).

Leader tour Kalsel-Tim Taqin mengatakan bahwa ini hanyalah sebagai bentuk pelampiasan dan pelepas rindu terhadap even-even sepeda yang beberapa bulan ditunda karena pandemi Covid-19.

Alasan lainnya sekaligus memperingati momen Sumpah Pemuda, dengan semangat kebersamaan.

“Bisa dikatakan gowes Kalsel ke Kaltim ini adalah tour pamungkas dari beberapa tour sebelumnya di tahun 2020," ujarnya.

Taqin menjelaskan bahwa gowes bareng ini direncanakan sangat matang dan detail.

img

Mereka membaginya menjadi empat etape. Rombongan akan berangkat dari Balikpapan menuju Tanjung di Kabupaten Tabalong dengan jarak 220 kilometer.

Kemudian pada etape kedua, mereka gowes dari Tanjung menuju Tanah Grogot di Kabupaten Paser, Kaltim sejauh 167 kilometer

Di etape selanjutnya dari Tanah Grogot, perjalanan dilanjutkan menuju Kota Balikpapan sejauh 159 kilometer pada Jumat (30/10/2020).

Kemudian keesokan harinya, di etape keempat Sabtu (31/10/2020), peserta akan gowes dari Balikpapan menuju Kota Samarinda. Sejauh 123 kilometer.

“Dengan total jarak 669 kilometer dari Banjarmasin ke Samarinda,” ucapnya.

Selain itu, Chandra Taruna Sofyan, pentolan komunitas Patriot juga mengatakan, total jarak gowes sekitar 669 kilometer.

Terdapat sejumlah komunitas sepeda Roadbike. Mereka berasal dari lima komunitas sepeda, yakni Wallout, Patriot, 42+, MAE Club, dan Kalseltri serta satu tim dari ISSI Kota Banjarbaru.

“Tak hanya lintas komunitas, mereka juga pesepeda yang berasal dari berbagai kota di Kalsel,” ungkapnya.

Sebelum menggelar gowes Banjarmasin-Samarinda, para penggila gowes ini sudah melakukan latihan pada September lalu.

Mereka gowes dari Banjarmasin ke Sampit di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng). Jaraknya lebih dari 400 kilometer.

“Etape pertama dari Banjarmasin ke Palangkaraya, sekitar 200 kilometer. Jalannya cuma flat. Kemudian dari Palangkaraya ke Sampit sekitar 250 kilometer. Jalannya penuh tanjakan,” ungkapnya.

Kendati demikian, semua etape dilewati dengan riang gembira karena memang perjalanan tersebut dikemas mengutamakan kebersamaan dan kekeluargaan.

Komentar
Banner
Banner