Pemkab Tapin

Peringati Hari Bakti Dokter, PB IDI Bangun Jamban Sehat di Marampiau Tapin

Menandai Hari Bakti Dokter Indonesia ke-115, PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membangun jamban sehat di Desa Marampiau, Kecamatan Candi Laras Selatan (CLS)

Featured-Image
Ikatan Dokter Indonesia meresmikan bangunan jamban sehat di Desa Marampiau, Kecamatan CLS, Kabupaten Tapin. Foto: Humas Pemkab Tapin

bakabar.com, RANTAU - Memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia ke-115, PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membangun jamban sehat di Desa Marampiau, Kecamatan Candi Laras Selatan (CLS), Tapin.

Jamban sehat diresmikan oleh Bupati Tapin yang diwakili Asisiten Administrasi Umum, Fiqri Irmawan, bersana Ketua Umum PB IDI, dr Moh Adib Khumaidi, Jumat (19/5).

"Program tersebut merupakan wujud nyata pengabdian. Kami mencanangkan memiliki desa binaan di seluruh Indonesia. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah membuat jamban sehat dan sumber air," papar Adib.

"Faktanya jamban dan sumber air juga menjadi kunci masalah di bidang kesehatan masyarakat. Terlebih menangani permasalahan kesehatan tidak selalu soal mengobati, tetapi bisa dilakukan melalui penataan air bersih dan sanitasi," imbuhnya.

Sementara Ketua IDI Tapin, dr Milhan, menambahkan pembuatan jamban sehat tersebut juga terkait perbaikan perilaku masyarakat yang masih sering buang air besar di sembarang tempat.

"Selanjutnya setelah dibangun, jamban sehat dipergunakan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan tidak lagi buang air besar di sembarang tempat," pungkasnya.

Selain membangun jamban sehat, kegiatan PB IDI di Tapin adalah menggelar sunatan massal, pengobatan, deteksi dini, donor darah yang berkerjasama dengan PMI Tapin, serta kegiatan lain.

Editor


Komentar
Banner
Banner